Dekonstruksi Sosok Guru Dalam Dorama Gto: Great Teacher Onizuka 2012 Karya Kazuhisa Imai

Haruta, Dionestya (2018) Dekonstruksi Sosok Guru Dalam Dorama Gto: Great Teacher Onizuka 2012 Karya Kazuhisa Imai. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan objek berupa Dorama live action yang GTO: Great Teacher Onizuka yang menceritakan tentang seorang mantan ketua geng motor bernama Eikichi Onizuka yang bekerja sebagai guru di SMA Meishuu. Sebagai sosok guru, penampilan Onizuka dapat dikatakan tidak mencerminkan seorang guru dengan berpenampilan layaknya berandalan. Onizuka mendapat pertentangan dari para guru. Meskipun cara mengajarnya di kelas asal-asalan, namun Onizuka selalu mengajarkan tentang arti kehidupan kepada murid-muridnya bahkan membantu menyelesaikan masalah yang terjadi, baik masalah yang terjadi di sekolah maupun masalah di keluarga. Sehingga terjadilah dekonstruksi sosok guru yang dilakukan oleh Onizuka. Pada penelitian ini yang menjadi rumusan masalahnya adalah bagaimana dekonstruksi pada sosok guru konservatif menuju guru modern pada sosok guru dalam dorama GTO: Great Teacher Onizuka 2012. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Dekonstruksi yang dikemukakan oleh Jaques Derrida. Penulis juga menggunakan teori Tokoh dan Penokohan untuk menguatkan hasil penelitian. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa gambaran dekonstruksi sosok guru yang dilakukan oleh tokoh utama sesuai dengan tahapan dekonstruksi yakni Mengidentifikasi hierarki oposisi dalam teks, Membongkar oposisi biner, yaitu dengan cara membalik oposisi biner, dan Memperkenalkan sebuah gagasan baru. Dari ketiga tahap tersebut Onizuka membuat gagasan baru bahwa guru dengan pemikiran baru (oposisi baru) bisa diterima di lingkungan sekolah, dan membuktikan bahwa guru konservatif (oposisi lama) tidak selamanya diterima oleh lingkungan sekolah terutama di kalangan para murid.

Other obstract

教師の姿では、鬼塚先生の出演は、教師に不良者のような表情を反映させないと言える。鬼塚さんは人々から反対を得た。 授業では教師のやり方が不注意だったにもかかわらず、鬼塚は生徒の生活の意味を常に教え、学校で起こった問題と家族の問題の両方を解決しました。 そこで、鬼塚さんが行った先生の脱構築があった。研究の問題は、濱崎宏監督の ドラマ『グレート ティーチャー オニヅカ』における教師の姿で現代の教師に向かって保守的な教師の姿を脱構築する方法。 本研究では、著者は脱構築及びジャックデリダからの理論を使用していました。著者は、研究の結果を強化するために、キャラクターとキャラクタリゼーション使用している。研究方法は質的研究の タイプを 用いた 記述的分析で ある。 本研究の結果は、脱構築の段階に応じて主人公によって実行される教師像の脱構築のいくつかの記述、すなわちテキストの反対階層を特定すること、二元対立を解体すること、つまり二元対立を逆転させること、および新しい考え方を導入すること。3つの段階のうち、鬼塚は学校環境で新しい思考(新野党)の教師が受け入れられ、保守的な教師(古い野党)が学生の中で特に学校環境によって常に受け入れられるとは限らないことを証明した。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/494/051900074
Uncontrolled Keywords: Dekonstruksi, Kyoushi, Kanrikyouiku
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Oct 2019 01:50
Last Modified: 17 Jun 2022 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166660
[thumbnail of Dionestya Haruta.pdf] Text
Dionestya Haruta.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item