Purnomo, Anggi Mahadika (2018) Pengembangan Aplikasi Mobile Pelaporan Keluhan Pelanggan PDAM menggunakan Fitur Geotagging Berbasis Android (Studi Kasus: PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur sebagai suatu badan pengelola air bersih di Sangatta Utara berupaya untuk memaksimalkan pelayanan dan menangani pengaduan keluhan dengan cepat dan tepat guna merealisasikan misi yang ada. Berdasarkan wawancara dengan karyawan PDAM, dapat disimpulkan bahwa prosedur pelaporan yang manual dinilai kurang efektif karena kurangnya informasi mengenai bagian yang menangani laporan pelanggan sehingga pelanggan akan kesulitan ketika akan melapor melalui telefon dan PDAM tidak dapat memberikan umpan balik kepada pelanggan. Selain itu pelanggan juga harus datang langsung untuk menyerahkan bukti tagihan air untuk laporan tagihan yang tidak sesuai pemakaian. Masalah lain yaitu mengenai lokasi pelanggan yang diberikan secara manual akan mempersulit pihak PDAM dalam mencari alamat apabila lokasi berada di pelosok. Untuk dapat menangani permasalahan diatas, solusi yang penulis tawarkan yaitu dengan mengembangkan aplikasi mobile pelaporan keluhan pelanggan PDAM dimana pelanggan dapat melaporkan keluhannya melalui aplikasi mobile dan karyawan dapat memberikan umpan balik melalui website admin. Penulis menggunakan model waterfall dalam mengembangkan aplikasi. Pada penelitian ini menggunakan fitur geotagging untuk menambahkan lokasi pada gambar yang dilampirkan oleh pelanggan. Kemudian dilakukan pengujian unit, validasi, serta compatibility. Berdasarkan pengujian validasi didapatkan hasil bahwa semua fungsi bernilai valid yang berarti telah sesuai dengan kebutuhan yang telah didefinisikan. Hasil dari pengujian compatibility menunjukkan bahwa aplikasi mobile dapat digunakan pada 4 versi OS Android yang berbeda.
English Abstract
PDAM Tirta Tuah Benua East Kutai as regional owned enterprises that manages clean water in North Sangatta seeks to maximizing service and handling customer complaints quickly and precisely to realize the PDAM’s mission. Based on interviews with PDAM, it can be concluded that the existing manually reporting procedure is considered ineffective because of lack of information about the part that handles customer reports so customers will have difficulties when reporting their complaints via telephone and the PDAM can’t give a feedback to the customer. In addition, customers are also required to come directly to submit the payment invoices for bill complaints that are not according to usage. Another problem is about the location of the customers that given manually wich will make PDAM’s employee feels difficult to find the address if the location is in a remote area. To handle the problems above, the solution that the author offers is to develop a mobile customer complaint reporting application where customers can report their complaints through a mobile application and employees can give a feedback through the admin’s website. The author used waterfall model to developing the software. In this research using the geotagging feature to add location to the images sent by the customers. Then do the unit, validation, and compatibility testing. Based on the validation testing, it shows that all functions are valid, which means they are in accordance with the the defined requirements. And the result of compatibility testing show that mobile applications can be used on 4 different Android OS versions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/1071/051901272 |
Uncontrolled Keywords: | aplikasi pelaporan, geotagging, pengembangan aplikasi-application development, geotagging, reporting application, software engineering. |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 03:32 |
Last Modified: | 18 May 2022 04:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166652 |
![]() |
Text
Anggi Mahadika Purnomo.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |