Study Of Slang Words Used By The Transgender Community In Mojosari District, Mojokerto Regency

Ningtiyas, Ratna Dwi Wahyu (2018) Study Of Slang Words Used By The Transgender Community In Mojosari District, Mojokerto Regency. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Slang adalah bagian dari variasi bahasa. Slang adalah kata informal yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat, dari remaja hingga dewasa. Slang juga digunakan oleh beberapa komunitas di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahasa slang yang digunakan oleh komunitas transgender di kota Mojosari di bidang Sosiolinguistik. Studi ini akan menunjukkan apa kata slang yang digunakan oleh komunitas transgender di kota Mojosari, menggambarkan karakteristik kata slang yang digunakan oleh komunitas transgender di kota Mojosari menggunakan teori dari Edward (2004) dan apa alasannya untuk anggota transgender di Mojosari menggunakan kata slang dalam komunikasi sehari-hari mereka menggunakan teori dari Partridge (1979). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan kata yang dipakai komunitas transgender di Mojosari. Ada tiga teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: (1) observasi, (2) rekaman dan (3) wawancara. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada 14 kata slang yang digunakan oleh anggota komunitas transgender di Mojosari. Ada dua karakteristik yang ditemukan dalam kata slang yang digunakan oleh komunitas transgender, yang kreatif dan segar. Dari hasil wawancara ditemukan bahwa ada tiga alasan mengapa anggota komunitas transgender menggunakan kata-kata slang. Mereka menggunakan kata-kata slang sebagai identitas, sebagai kemudahan hubungan sosial, dan untuk menjaga rahasia dari orang-orang di luar komunitas. Penulis berharap penelitian ini dapat menjadi referensi dari penelitian lain tentang bahasa gaul yang digunakan oleh komunitas tertentu. Penulis menyarankan kepada peneliti lain untuk melakukan topik ini dalam aspek yang berbeda karena kata slang yang digunakan oleh komunitas transgender kaya. Peneliti dapat melakukan penelitian tentang perbedaan kata slang yang digunakan oleh komunitas transgender di kota yang berbeda, karena mereka menggunakan istilah yang berbeda di kota yang berbeda.

English Abstract

Slang is an informal word used in everyday life by the society, from teenager to adolescence. Slang is also used by some communities in Indonesia. This study aims to analyze the slang word of the transgender community in Mojosari in the field of Sociolinguistics. This study shows what are the slang word used by the transgender community in the city of Mojosari, describes the characteristics of the slang word used by the transgender community in Mojosari using the theory from Edward (2004) and the reasons for transgender members in Mojosari used slang word in their daily communication using the theory from Partridge (1979). The data source in this study is the speech of the transgender community in Mojosari. There are three data collection techniques used in this study, which are: (1) observation, (2) recording and (3) interviews. The writer got the data from observing and recording the utterances produced by the member of the transgender community in Mojosari and found 14 slang word. After listing the slang words, the writer analyzed the characteristics of the slang words and found two characteristics found in the slang word used by the transgender community, which are creative and fresh. From the results of the interview, it was found that there were three reasons why members of the transgender community used slang words. They used slang words as an identity, as ease of social relations, and to keep secrets from people outside the community. The writer hopes this study can be the references of the other researches about slang language used by different communities. The writer suggests to the other researchers to conduct similar topic in different aspects because the slang word used by the transgender community has so many variations. The researcher can conduct research about the differences of the slang word used by the transgender community in a different city because they use different terms in a different city.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/453/051812192
Uncontrolled Keywords: Sosiolinguistik, Bahasa Slang, Waria / Sociolinguistics, Slang words, Transgender
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.7 Sexual relations
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Oct 2019 07:20
Last Modified: 17 Jun 2022 02:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166638
[thumbnail of Ratna Dwi Wahyu Ningtiyas.pdf] Text
Ratna Dwi Wahyu Ningtiyas.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item