Karakteristik Pelaku Bullying Dalam Film Live Action Kizudarake No Akuma Karya Sutradara Santa Yamagishi

Nababan, Mesra Octini (2018) Karakteristik Pelaku Bullying Dalam Film Live Action Kizudarake No Akuma Karya Sutradara Santa Yamagishi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bullying atau penindasan merupakan fenomena sosial yang tidak bisa diabaikan karena bisa terjadi ke semua orang, baik dari anak-anak hingga orang dewasa bisa terkena bullying. Hal ini seperti yang dialami oleh tokoh bernama Mai Kasai dalam film live action Kizudarake no Akuma, di hari pertama masuk sekolah dikejutkan oleh pengakuan seorang teman yang ingin balas dendam kepadanya. Murid tersebut bernama Odagiri Shino yang menjadikan teman sekelasnya menjadi tameng untuk membully Mai, sehingga sekarang keadaan menjadi berbalik, Mai dibenci oleh teman-temannya. Penelitian ini menggunakan teori Psikologi Sastra, tokoh dan penokohan, sertaMise en scene. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukan karakteristik pelaku bullying yang tercermin dalam para tokoh, yaitu suka memanfaatkan orang lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, adanya keinginan untuk balas dendam, cenderung melukai korbanya ketika orang dewasa tidak ada disekitar mereka, memiliki masalah psikologis yang tak terselesaikan, tidak memiliki pandangan terhadap masa depan, pernah menjadi korban bullying, hanya ikiut-ikutan, serta tipe pelaku bullying yang tercermin, yaitu penindas bersenjata lengkap dan penindasan sosial.

Other obstract

苛めは無視できない社会問題であり、子供から大人まであらゆる人に起こる。これは、実写映画「傷だらけの悪魔」のマイさんの体験のようなものだ。彼の復讐をの望んでいた友人の自白によって、学校への入学初日にはショックを受けた。学生は小田切さんという名前である。彼女のクラスで友達を作った小田切さんは、マイさんが嫌いた、今は状況が変わり、マイさんは彼女のクラスの友達たちによって苛められる。 本研究では、文学、キャラクターとキャラクタリゼーション、マイケルシーンの心理学的理論を用いている。本研究で使用した方法は記述的分析である。 この研究の結果は、苛めの俳優の特徴は、彼らが望むものを得るために他の人を使用する、復讐を望む、大人がいないときに犠牲者を負傷させ、癒されていない心理的な問題がある、かつてはいじめの犠牲者であったが、ちょうど参加する、そして苛めの加害者の種類は専門家の抑圧者と社会的抑圧者である。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/473/051812212
Uncontrolled Keywords: Psikologi Sastra, Bullying.
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 801 Philosophy and theory > 801.9 Nature and character
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Aug 2019 02:09
Last Modified: 17 Jun 2022 01:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166611
[thumbnail of Mesra Octini Nababan.pdf] Text
Mesra Octini Nababan.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item