Hidayat, Andhika Fitrayana Iskandarsyah (2018) The Use Of English As A Medium Of Instruction In An Efl Class Of An Indonesian Secondary School: A Case Study At Sman 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa Inggris berperan sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan karena bahasa Inggris adalah bahasa International yang dapat membantu perkembangan pembelajar. Penggunaan bahasa Inggris sangat minim digunakan di negara yang bahasa kesehariannya bukan bahasa Inggris namun untuk mengembangkan kualitas seorang pembelajar, bahasa Inggris perlu dikuasai dengan baik. Sehubungan dengan penggunaan bahasa Inggris, materi dan penggunaan bahasa Inggris di sekolah menengah ke atas sangat minim sedangkan pembelajar harus menguasai bahasa itu dengan baik agar kedepannya pembelajar tidak kesulitan menggunakan bahasa Inggris dan pembelajar dapat bersaing di ranah International. Dengan mempertimbangkan pentingnya penggunaan bahasa Inggris, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan bahasa Inggris pada sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitative dalam mengambil data dan menggunakan desain studi kasus yang berusaha menggambarkan secara dalam penggunaan bahasa Inggris. SMAN 3 Malang dipilih sebagai lokasi penelitian yang diketahui SMAN 3 Malang sebagai salah satu sekolah favorite di Malang. Subjek penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris dan siswa kelas XI jurusan IPS. Di dalam proses mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk meningkatkan validitas data yang diperoleh, proses triangulasi diterapkan oleh peneliti untuk pemeriksaan silang (cross checked) terhadap semua data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan bahasa Inggris di sekolah menengah atas kususnya di SMAN 3 Malang berjalan secara baik dan lancar. Pemilihan dan penyampaian materi yang diberikan oleh guru berjalan sangat baik dan objek pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Guru mayoritas menggunakan bahasa Inggris ketika proses belajar mengajar terjadi dan murid berinteraksi juga menggunakan bahasa Inggris. Secara tidak langsung lingkungan yang diciptakan oleh guru dan murid adalah lingkungan yang sangat baik untuk belajar bahasa Inggris dan secara natural murid belajar bahasa inggris dengan materi dan contoh penggunaan bahasa inggris yang diterapkan oleh guru dengan baik. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, peneliti menyarankan pada guru untuk selalu mengembangkan dan mengevaluasi ketika guru mengajar menggunakan bahasa Inggris agar murid dapat mencontoh dengan benar baik cara berbicaranya maupun tata bahasanya ketika menggunakan bahasa Inggris. Untuk sekolah, penelitian ini dapat mengevaluasi bagaimana penggunaan bahasa Inggris yang digunakan oleh guru ketika proses belajar mengajar berlangsung. Untuk peneliti lain, penelitian ini dapatix dijadikan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya dan peneliti menyarankan agar mendengarkan pandangan guru dan murid terhadap penggunaan bahasa Inggris sebagai pengantar pembelajaran.
English Abstract
English language holds a big role in improving quality of education, because of its use as an international language that can help improve the development of learning process. English language is rarely used in a country where the first language is not English, but to improve development of learner quality, English language needs to be mastered properly. Meanwhile, the use of English language in high school is minimum while learners must master English language in order to communicate. Considering the importance of the use of English language is, this research is intended to describe the use of English language as a medium of instruction in high school. This research uses qualitative approach to gather the data and uses case study design in order to describe in depth the use of English by the SMAN 3 Malang. SMAN 3 Malang is chosen as the research setting. The subjects of this research are an English teacher and some students from XI IPS. During the process of gathering the data, three techniques were used, they are observation, interview, and documentation. To improve the validity of obtained data, triangulation process was used to cross check every obtained data from observation, interview, and documentation. This research reveals that the use of English language in high school, especially in SMAN 3 is running well. The lesson material that has been chosen can be delivered properly by the teacher and the objective of the study can be achieved. The teacher used English during the teaching process and the students used English too to respond. Indirectly, the atmosphere created by both the teacher and students supports the process of learning English language and the students can learn naturally from the material and the example of the use of English applied by the teacher. Based on this research, the researcher is suggested to the teacher to develop and evaluate when teaching using English, so that the student can follow example of the pronunciation as well the grammar when using English in teaching and learning process. For the school, this research can evaluate how the use of English used by the teacher when the teacher and learning process takes place. For future researcher, this research can be reference for next research and focus on both the teacher and students’ point of view on the use of English language.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2018/71/051804783 |
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Bahasa Inggris, Pengantar Pembelajaran, Sekolah Menengah Atas di Indonesia, The Use of English, Medium of Instruction, Indonesian Secondary School. |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 01:08 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 04:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166533 |
Preview |
Text
Andhika Fitrayana Iskandarsyah Hidayat.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |