Error Analysis Dalam Roleplay Yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2016 Dalam Mata Kuliah Kaiwa Dai 3

Suhargo, Naufal Pandu (2018) Error Analysis Dalam Roleplay Yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2016 Dalam Mata Kuliah Kaiwa Dai 3. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini berjudul “Error Analysis dalam Roleplay yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2016 Dalam Mata Kuliah Kaiwa Dai 3”. Bahasa Jepang dan bahasa Indonesia memiliki struktur bahasa dan kalimat yang berbeda. Dalam mata kuliah Kaiwa Dai 3 mahasiswa diajarkan untuk berkomunikasi dalam bahasa Jepang. Dan di dalam mata kuliah Kaiwa Dai 3 mahasiswa diharapkan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam mata kuliah Bunpou (tata bahasa) 3 dalam bentuk role-play. Error Analysis merupakan teknik untuk mengukur kemajuan pembelajaran bahasa dalam bentuk analisis berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Kridalaksana tahun 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan goi dan bunpou apa saja yang terjadi dalam roleplay yang dilakukan oleh mahasiswa dan bagaimana cara mengajar/shidou pointo (指導ポイント) yang tepat agar tidak terjadi kesalahan yang sama kedepannya. Shidou pointo akan dikutip dan diadaptasi dari buku Kisou Hyougen 50 To Sono Oshiekata dan Nihongo Kyouikugaku Manabu Hito no Tameni. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel, gejala, atau keadaan dilakukan dalam setting yang alamiah tanpa adanya intervensi apa pun dari peneliti. Penelitian ini kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa : Dari 51 naskah roleplay terdapat 70 kesalahan yang berupa 30 kesalahan goi dan 40 kesalahan bunpou. Dan dari kesalahan tersebut dikategorikan menjadi 4 jenis, kategori pertama terdapat 8 kesalahan berjenis local error dan kesalahan antar bahasa, 56 kesalahan berjenis local error dan kesalahan dalam bahasa, 3 kesalahan termasuk dalam global error dan kesalahan dalam bahasa, dan 2 kesalahan berjenis global error dan kesalahan antar bahasa. Dari hasil kesimpulan analisis kesalahan roleplay terdapat bermacam macam cara mengajar / shidou pointo. Cara yang paling umum dan sering digunakan adalah dengan cara membuat mahasiswa melakukan latihan kaiwa atau menulis contoh kalimat berulang-ulang agar tidak terjadi kesalahan bunpou dan goi yang sama. Adanya shidou pointo yang lain seperti membuat mahasiswa membaca kalimat dengan lantang agar tubuh dan pikiran lebih dapat terbiasa dengan goi dan bunpou yang sedang dipelajari.

Other obstract

この研究は「日本語教育学生2016会話第3授業のロールプレイにおける御用分析」がタイトルである。日本語とインドネシア語は明らかな言語構造持っていたため、会話第3授業の中では学生が日本語のコムにケーションし方しっかり教えられている。この授業では学生が文法第3の授業から学んだこと会話第3授業でロールプレイの形で適用できると期待されている。この研究そのロールプレイの語彙や文法などの間違いを知るため書かれている。そしてどのような指導ポイントが適当で、今後同じミスが起こさないためである。2009年クリダラクサナによる誤用分析とは分析の形で言語能力の進歩を知るための活動である。この研究の指導ポイントは「基礎表現5とその教え方」と「日本語教育学ぶ人のために」の本を使って適用される。 この研究の研究方法は記述的と定性的を利用し、変数、症状、設定など表して、研究者から一切介入なしで行われている。本研究の結果ではこのような述べています: 51冊ロールプレイスクリプトの中から70エラーがは発見された、30エラーは語彙、残りの40は文法のエラーである。その間違いから4種類のエラーに分けられている。8エラーはローカルエラーと言語間エラー、ローカルエラーと言語内エラー56エラー発見、グローバルエラーと言語内エラー3つ発見され、そしてグローバルエラーと言語間エラー2つ発見されました。ロールプレイの分析し結果から生み出された指導ポイント様々であった。しかしよく使われている指導ポイントは学生を会話や例文を作る練習を繰り返し、同じミス起こさないようにこの指導ポイントは重要である。他の指導ポイントは大声で例文を覚えることやまた重要なポイントである

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/284/051806645
Uncontrolled Keywords: Error Analysis, Roleplay, Kaiwa Dai 3, bahasa Jepang
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:36
Last Modified: 26 Apr 2022 02:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166528
[thumbnail of Naufal Pandu Suhargo.pdf] Text
Naufal Pandu Suhargo.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item