The Practices Of Traditional American Values In Sing Movie

Sukmaningrum, Amalia Dewi (2018) The Practices Of Traditional American Values In Sing Movie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masyarakat Amerika memiliki sebuah kepercayaan dan konsep sosial yang digunakan untuk menjadi pedoman dalam berperilaku baik dalam masyarakat yang dinamakan nilai-nilai tradisional masyarakat Amerika. Praktik nilai tersebut direpresentasikan pada sebuah film yang berjudul Sing yang disutradarai oleh Garth Jennings yang dirilis pada tahun 2016. Peneliti memilih Sing sebagai objek penelitian karena film tersebut merefleksikan praktik nilai-nilai tradisional masyarakat Amerika. Rumusan masalah pada penilitian ini adalah bagaimana penggambaran nilai-nilai tradisional masyarakat Amerika pada film Sing. Pendekatan pada penelitian ini adalah sosiologi sastra karena melihat bagaimana refleksi nilai yang berguna sebagai pedoman oleh para karakter untuk mencapai tujuan hidup yang mereka anggap baik. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa : (1) karakter-karakter pada film ini merepresentasikan masyarakat Amerika yang menunjukkan kebebasan setiap individu bahwa mereka dapat membuktikan mimpinya menjadi nyata dengan cara percaya kepada dirinya sendiri. (2) Kesetaraan dalam mendapat kesempatan direfleksikan pada bagaimana karakter dapat mengikuti kompetisi. (3) semua karakter harus bekerja keras untuk mendapatkan hadiah yang telah dijanjikan dalam kompetisi. Kesimpulannya, film Sing menjelaskan nilai-nilai masyarakat Amerika pada kekuatan masyarakat pada umumnya. Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan pendekatan yang sama pada film yang berjudul The Greatest Showman untuk mengungkap lebih tentang variasi tentang nilai-nilai masyarakat Amerika.

English Abstract

Traditional American values are American social concept and belief which are used as the guidelines for American good conducts. The practices of the values can be seen through Sing movie by Garth Jennings in 2016. Sing movie is chosen because it depicts the practices of traditional American values. The data took from the actions, dialogues, and the song soundtack sing by the characters. This research problem is how traditional American values are practiced in Sing movie. In this research, sociological approach to literature is used since the movie describes how the values function as the guidelines for the characters to reach the life goals. The results of the research show : (1) The characters as the representation of Americans who show the power of individual freedom by relying on their belief that they can make their dream come true. (2) Equality of opportunity in America is reflected on how all the characters could join the competition. (3) All the characters have to work hard to win the money prize. In conclusion, Sing movie depicts American values on the power of common people. It is suggested to next reseacher to conduct a research with the same approach by using the movie entitled The Greatest Showman to reveal more varieties on the practices of American values.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/76/051804788
Uncontrolled Keywords: individual freedom and self-reliance, equality of opportunity and competition, hard work and material wealth, practices, values, kebebasan individu dan kepercayaan pada diri sendiri, kesetaraan dalam kesempatan dan kompetisi, kerja keras dan kekayaan material, praktik, nilai, film
Subjects: 700 The Arts > 791 Public performances > 791.4 Motion pictures, radio, television > 791.43 Motion pictures > 791.437 Films
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:13
Last Modified: 29 Mar 2022 04:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166523
[thumbnail of Amalia Dewi Sukmaningrum.pdf]
Preview
Text
Amalia Dewi Sukmaningrum.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item