Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Dalam Teks Berita Pada Siswa Kelas Viii Smpn 7 Nganjuk

Puspitasari, Devi Aris Tiyas (2018) Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Dalam Teks Berita Pada Siswa Kelas Viii Smpn 7 Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Nganjuk masih mengalami kesalahan dalam menulis ejaan pada teks berita. Kesalahan tersebut disebabkan oleh siswa yang tidak teliti dalam menerapkan ejaan di dalam tulisannya. Berdasarkan masalah tersebut peneliti meneliti penggunaan ejaan, khususnya pada penggunaan huruf kapital dan huruf miring serta penggunaan tanda baca titik dan tanda koma. Selain itu, peneliti meneliti kelengkapan unsur-unsur berita dalam teks berita hasil karya siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan tanda baca serta kelengkapan unsur-unsur berita dalam teks berita oleh siswa kelas VIII SMPN 7 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2, VIII-8, dan VIII-9 SMP Negeri 7 Nganjuk berjumlah 79 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menghitung dan menganalisis persentase kesalahan ejaan dalam penulisan teks berita. Hasil penelitian menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 7 Nganjuk menunjukkan (1) penggunaan huruf kapital dan huruf miring cukup karena jumlah kesalahan 1-5 dengan persentase 69,62%., (2) penggunaan tanda baca titik dan koma pada kategori cukup karena jumlah kesalahan 1-5 dengan persentase 55,69%., (3) kelengkapan unsur berita berada pada kategori sangat baik karena 100% siswa menulis dengan seluruh unsur berita dengan lengkap.

English Abstract

Grade VIII students of SMP Negeri 7 Nganjuk still have errors in writing spelling on the news text. The error is caused by the students' inaccuracy in applying the spelling in their writing. Based on these problems, researchers examined the use of spelling, especially on the use of capital letters and italics and the use of punctuation and coma. Other than that, researchers examined the completeness of the elements of news in the news text of students' work. The purpose of this study is to describe of the use of letters and punctuation and also the completeness of the elements of news in the news text by students of class VIII SMPN 7 Nganjuk. This study used descriptive qualitative method. Subjects in this study were students of class VIII-2, VIII-8, and VIII-9 SMP Negeri 7 Nganjuk amounted to 79 students. Data collection techniques used interviews and documentation studies. Data analysis uses descriptive statistics with calculate and analyze percentage of spelling errors in news text writing. The results of writing a news text show (1) the use of capital letters and italics are poor because the number of errors 1-5 with percentage 69.62%, (2) the use of point and comma punctuation in the category is sufficient because the number of errors 1-5 with percentage 55,69%, (3) completeness of element of news is in very good category because 100% of students write with all elements of news completely.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/288/051806649
Uncontrolled Keywords: analysis, error, letter usage, punctuation, news text EYD
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Oct 2019 02:12
Last Modified: 21 Apr 2022 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166505
[thumbnail of Devi Aris Tiyas Puspitasari.pdf] Text
Devi Aris Tiyas Puspitasari.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item