Tata Letak Dan Bentuk Pemakaman Masyarakat Etnis Tionghoa Menurut 水fēngshuǐ Di Kawasan Sentong Raya Wonorejo - Lawang

Sokhifah, Alvia Fatnaniatus (2018) Tata Letak Dan Bentuk Pemakaman Masyarakat Etnis Tionghoa Menurut 水fēngshuǐ Di Kawasan Sentong Raya Wonorejo - Lawang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

风水Fēngshuǐ merupakan salah satu dari lima seni pengetahuan khas Tiongkok yang sampai sekarang banyak dipraktikkan dan merupakan deskripsi kosmologi 阴阳yīnyáng. Etnis Tionghoa di Indonesia merupakan etnis yang masih menjunjung tinggi adat istiadat dan kepercayaan yang ditinggalkan secara turun temurun kepada keluarganya. Termasuk tradisi dalam memilih bentuk pemakaman menurut 风水fēngshuǐ yang dipercaya akan berpengaruh kepada kehidupan selanjutnya bagi keluarga yang ditinggalkan. Terdapat beberapa pemakaman etnis Tionghoa di Jawa Timur, salah satunya adalah kompleks pemakaman Sentong Raya yang terletak di Desa Wonorejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu metode studi dokumen, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1)Alasan masyarakat etnis Tionghoa meletakkan bangunan makam menurut 风水 fēngshuǐ, (2)Pemaknaan yang terkandung dibalik bentuk pemakaman etnis Tionghoa dan ornamen yang sering muncul pada batu nisan (墓碑mùbēi).

Other obstract

风水是今天实践的五种明显中国艺术艺术之一,也是对阴阳宇宙学的 描述。印度尼西亚的华人是仍然坚持一代又一代传给家人的习俗和信仰的民 族。包括根据风水fēngshuǐ选择埋葬形式的传统,他们认为这将影响到废弃 家庭的下一代生活。东爪哇地区有许多中国民族墓地,其中一个是位于玛琅 区域Lawang 区Wonorejo 村的Sentong Raya 墓园。这项研究是一项定性的 描述性研究。 数据收集的方法是文件研究方法,观察,访谈和文件。研究 结果如下:(1)了解华人社会根据风水建造坟墓的原因,(2)墓碑上经常 出现的墓葬形式(墓碑)所包含的含义。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/298/051806659
Uncontrolled Keywords: 墓碑Bongpay (mùbēi), 风水Fēngshuǐ, Pemakaman Sentong Desa Wonorejo Lawang Kabupaten Malang
Subjects: 200 Religion > 299 Religions not provided for elsewhere > 299.5 Religions of East and Southeast Asian origin
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Oct 2019 01:44
Last Modified: 18 Jan 2022 03:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166498
[thumbnail of Alvia Fatnaniatus Sokhifah.pdf]
Preview
Text
Alvia Fatnaniatus Sokhifah.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item