Representasi Konsep Ubermensch Pada Tokoh Yagami Raito Dalam Film Death Note R: Vision Of God Karya Sutradara Tetsurou Araki

Suryalishani, Tantre (2018) Representasi Konsep Ubermensch Pada Tokoh Yagami Raito Dalam Film Death Note R: Vision Of God Karya Sutradara Tetsurou Araki. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Film Death Note R: Vision Of God yang juga termasuk dalam kategori karya sastra, memuat nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Salah satu nilai filosofis tersebut adalah konsep Ubermensch pada filsafat Friederich Nietzsche. Film Death Note R: Vision Of God bercerita tentang Yagami Raito yang memandang dunia telah rusak. Raito ingin menciptakan dunia baru yang bersih dan menjadi dewa di dunia baru tersebut. Untuk menciptakan dunia baru tersebut Raito harus mampu menciptakan nilai keadilan dan kebenaran yang baru, mampu mengatasi segala hambatan dan mengalahkan musuh besarnya, yakni detektif L. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan representasi konsep Ubermensch pada Yagami Raito Dalam Film Death Note R: Vision Of God Karya Sutradara Tetsurou Araki. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analisis. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa sumber data yakni, film Death Note R: Vision Of God dengan menggunakan konsep Ubermensch pada Filsafat Friedrich Nietzsche. Penelitian ini berusaha untuk memperdalam kajian kesusastraan Jepang, khususnya pada konteks studi filsafat sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Death Note R: Vision Of God mengandung nilai filosofis, yakni konsep Ubermensch pada filsafat Friederich Nietzsche yang direpresentasikan oleh tokoh Yagami Raito yang menjadi Tuhan di dunia baru ciptannya. Selain itu, tokoh Raito juga mereprentasikan konsep-konsep lain yang mendukung terbentuknya Ubermensch、 yakni kematian Tuhan yang digambarkan dengan kematian Shinigami, nihilism yang digambarkan dengan sikap Raito yang tidak percaya pada keadilan dunia, kembalinya yang abadi yang digambarkan dengan peniadaan surga dan neraka bagi pemegang Death Note, perspektivisme yang digambarkan dengan keadilan menurut cara pandang Raito, dan kehendak untuk berkuasa yang digambarkan dengan pembentukan dunia baru Raito.

Other obstract

映画「デスノートリライト:幻視する神」は、文学作品のカテゴリにも含まれ、そこに含まれる哲学的価値を含んである。そのような哲学的価値の1つは、フリーデルリッヒ・ニーチェの哲学に関するウベルメンシュの概念である。映画「デスノートリライト:幻視する神」は世界が壊れていると見ている屋上雷鳥について語る。ライトはきれいな新世界を創造し、新世界の神になりたいと考えてある。新世界を創造するために、ライトは正義と真実の新しい価値を創造し、すべての障害を克服し、彼の偉大な敵の名探偵エルである。本研究では荒木哲郎監督の映画「デスノートリライト:幻視する神」に主人公の晩神月にウベルメンシュ概念代表で見つけることを目指す。 本研究では分析的で、記述的な研究を行う。この研究は、フェドリクニーチェの哲学のウベルメンシュ概念を用いた映画「デスノートリライト:幻視する神」を分析することによって行われる。この研究は、特に文学哲学の研究の文脈において、日本文学の研究を深める事を目指している。 結果としては映画「デスノートリライト:幻視する神」が哲学的価値を含み、そのようなフェドリクニーチェの哲学のウベルメンシュ概念を作り新世界で神になりた晩神月によって表現である。また、主人公の月はウベルメンシュ概念について、つまり死神の死によって示されている神の死概念、ライトのは世界正義を信じない態度で記述されている虚無主義概念、天国と地獄天と地獄の放棄を使用して者デスノートによって描かれた永遠の復帰概念、ライトの考え方に基づいて正義で描かれている見通し概念、そしてライトの新しい世界の形成によって描かれた権力への意志を支える他の概念を表してある。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/290/051806651
Uncontrolled Keywords: Filsafat, Friederich Nietzsche, Ubermensch, film
Subjects: 700 The Arts > 791 Public performances > 791.4 Motion pictures, radio, television > 791.43 Motion pictures > 791.437 Films
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:54
Last Modified: 20 Apr 2022 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166495
[thumbnail of Tantre Suryalishani.pdf] Text
Tantre Suryalishani.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item