Kesalahan Penggunaan Partikel (Joshi ) “nowa”,“ noga”, dan “nowo” pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2016 Universitas Brawijaya

Al Baihaqi, Imam (2018) Kesalahan Penggunaan Partikel (Joshi ) “nowa”,“ noga”, dan “nowo” pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2016 Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan Partikel (Joshi) “nowa”,“noga” dan“nowo” dengan tepat. Kesalahan dalam memahami maksud penggunaannya menyebabkan banyak pembelajar yang melakukan kesalahan dalam Partikel (Joshi) “nowa”,“noga” dan “nowo” dalam menggunakannya sebagai kalimat yang tepat. Sehingga peneliti menetapkan judul “Kesalahan Penggunaan Partikel (Joshi) “nowa”,“noga” dan “nowo” pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2016 Universitas Brawijaya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan penggunaan penggunaan Partikel (Joshi) “nowa”,“noga” dan “nowo” serta mengetahui penyebab kesalahannya . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sumber data penelitian berupa kesalahan penggunaan Partikel (Joshi) “nowa”,“noga” dan “nowo” yang diperoleh dari instrumen tes dan angket. Instrumen tes dan angket dikerjakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2016 Universitas Brawijaya sebagai responden. Selanjutnya, instrumen tes dan angket dianalisis berdasarkan jenis kesalahan serta penyebab kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang ditemukan adalah partikel (joshi) “nowa” 60% kesalahan, partikel (joshi) “noga” 19.8% kesalahan, partikel (joshi) “nowo” 20.2% kesalahan. Sedangkan faktor penyebab kesalahan karena terpengaruh bahasa yang terlebih dahulu dikuasai sebanyak 35%, kekurangpahaman terhadap bahasa yang dikuasai sebanyak 33%, dan pengajaran bahasa yang kurang tepat atau kurang sempurna sebanyak 31%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang sering terjadi terletak pada partikel (joshi) “nowa” 60%. kesalahan karena terpengaruh bahasa yang terlebih dahulu dikuasai sebanyak 35%. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2016 Universitas Brawijaya diharapkan mempelajari kembali aturan penggunaan partikel (Joshi) “nowa”,“noga” dan “nowo” ,agar tidak terjadi kesalahan serupa di kemudian hari. Mahasiswa juga harus memperhatikan penjelasan dosen saat perkuliahan berlangsung agar dapat mengetahui aturan dalam pengguunaan partikel (Joshi) “nowa”,“noga” dan “nowo” secara benar. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk menggunakan analisis kemampuan penggunaan partikel (Joshi) “nowa”,“noga” dan “nowo” pada mahasiswa.

Other obstract

本研究の履歴は助詞“のは”、”のが”、”のを”の正しい使い方である。この使い方から、多くの生徒が助詞の誤用した。それで、この本研究では、「ブラウィジャヤ大学の日本語教育学科2016 年における助詞“のは、のが、のを”の使い分けに関する誤用分析」。その目的はブラウィジャヤ大学の日本語教育学科2016 年の生徒が助詞“のは”、”のが、”のを”の誤用と誤用の原因である。 この本研究は定量的、記述的に分析した。データのソースはブラウィジャヤ大学の日本語教育学科2016 年答者のテストとアンケートの答えである。このデータは助詞“のは”、”のが”、”のを”の誤用の種類と誤用の原因を分析した。 研究の結果、「のは」60%、「のが」19.9%、「のを」20.2%、という誤用の使い方が分かった。誤用の原因は、35%は母語の構成の影響、33%は言葉の意味と使い方が分からない、および31%は言語の教えの理解欠如を習得した。 分析の結果に基づき、よくある誤用は「のは」が60%である。誤用 の最も大きい原因は母語の構成の影響(35%)ということである。ブラウィジャヤ大学の日本語教育学科の2016 年の生徒が今後の誤用を避けるために助詞“のは、のが、のを”の使い方を学ぶことが期待されている。また、講義中に先生の説明を考慮する必要がある。次の本研究、生徒による助詞“のは、のが、のを”を使い、能力分析を使用することが期待されている。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/373/051807488
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Joshi, Bahasa Jepang
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Oct 2019 04:20
Last Modified: 20 Apr 2022 06:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166455
[thumbnail of Imam Al Baihaqi.pdf] Text
Imam Al Baihaqi.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item