Nurmalasari, Galuh Afih (2018) Analisis Prosedur Permintaan dan Pertanggung Jawaban Uang Muka Kerja Dalam Upaya Peningkatan Pengendalian Intern (Studi pada Perum Jasa Tirta I Kantor Pusat Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui prosedur permintaan dan pertanggung jawaban Uang Muka Kerja, (2) menganalisis prosedur permintaan dan pertanggung jawaban Uang Muka Kerja, dan (3) meningkatkan pengendalian intern terhadap prosedur permintaan dan pertanggung jawaban Uang Muka Kerja. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus dalam penelitian ini yaitu prosedur permintaan dan pertanggung jawaban Uang Muka Kerja dan peningkatan pengendalian intern pada prosedur permintaan dan pertanggung jawaban Uang Muka Kerja. Sumber data diperoleh dari data primer data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara kepada Kepala Bagian Anggaran dan Staff Anggaran untuk data primer dan dokumentasi untuk data sekunder. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan prosedur sudah berjalan cukup baik dan sesuai dengan peraturan perusahaan yang ada, namun masih ada sedikit kekurangan yang tidak berarti yaitu lamanya proses persetujuan pembayaran Uang Muka Kerja yang dilakukan oleh pihak Direksi dikarenakan pihak ini sering melakukan Dinas Luar (DL). Kekurangan yang tidak berarti lainnya yaitu adanya penumpukan dokumen pertanggung jawaban Uang Muka Kerja yang dilakukan oleh Staff Bagian Akuntansi Manajemen dikarenakan bertabrakan dengan pekerjaan lain. Tentu saja Perum Jasa Tirta I mampu mengatasi kekurangan dalam prosedur ini. Kekurangan lain yang cukup fatal adalah Perum Jasa Tirta I kurang memberikan rincian mengenai sub divisi/biro/unit pada bagan struktur organisasinya, hal ini terlihat adanya beberapa bagian pelaksana prosedur pada flowchart yang disajikan tidak tercantum pada struktur organisasi maupun pada job description. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan Perum Jasa Tirta I dapat menyajikan bagan struktur organisasi dan penjelasan pada job description dengan cukup rinci agar terlihat posisi dan tugastugas sub divisi/biro/unit/bagian.
English Abstract
The purpose of this study is to (1) find out the submission and accountability procedures for imprest, (2) analyze the submission and accountability procedures for imprest, (3) improve the internal control of the submission and accountability procedures for imprest. The type of research used in this research is descriptive by using qualitative approach. Focus of this research is the submission and accountability procedures of imprest and enhancement of internal control on demand procedures and liability Advance Work. Sources of data obtained from primary data secondary data. Data collection techniques used are by conducting interviews to the Head of Budget and Budget Staff for primary data and documentation for secondary data. Data analysis used in this research is descriptive analysis. The results show that the whole procedure has been running well and in accordance with the existing company regulations, but there is still a slight shortage that the duration of the approval process of Payment of Imprest made by the Board of Directors needs more time than usually because this party often do an official travel. Another deficiency, there are some stack of accountability imprest‟s document done by Staff Accounting Management Division due to coincide with other jobs. Of course, Perum Jasa Tirta I is able to overcome the shortcomings in this procedure. Another serious disadvantage is that Perum Jasa Tirta I doesn‟t give details about the sub division / bureau / unit / parts in the organizational structure chart, it‟s seen that some parts of the procedure implementers on the flowchart presented are not listed on the organizational structure or on the job description. Based on the results of this study, it is expected that Perum Jasa Tirta I can present the organizational structure chart and explanation on the job description with sufficient detail to see the position and tasks of sub division / bureau / unit / parts.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/711/051808918 |
Uncontrolled Keywords: | Prosedur, Permintaan, Pertanggung Jawaban, Uang Muka Kerja Procedure, Submission, Accountability, Imprest |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.8 Accounting for enterprises engaged in specific kinds of activities > 657.86 Other activities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 03:33 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 06:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166397 |
Preview |
Text
Galuh Afih Nurmalasari.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |