The Exploration of Hedwig Robinson’s Non-Binary Roles in Hedwig and the Angry Inch.

Labita, Salsabila (2018) The Exploration of Hedwig Robinson’s Non-Binary Roles in Hedwig and the Angry Inch. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam film musik rock 2001 Hedwig and the Angry Inch, yang dibintangi dan disutradarai oleh John Cameron Mitchell, kita diperkenalkan pada Hedwig— seorang pria yang operasi seksnya gagal dan meninggalkannya dengan alat kelamin yang bukan milik pria maupun wanita. Dalam tesis ini, penulis meneliti: (1) Gagasan mengenai binarisme gender dan konstruksi gender yang diterima secara luas oleh masyarakat dan (2) Bagaimana individu-individu LGBTQ, seperti Hedwig, mengatasi perbedaan mereka dari masyarakat umum. Studi ini menggunakan teori queer, dengan pendekatan, dan berfokus pada satu karakter fiktif: Hedwig Robinson. Hierarki kebutuhan Maslow juga digunakan untuk memahami perubahan karakter dalam film ini. Karena ini adalah film, data yang diperoleh dalam tesis ini berasal dari film itu sendiri, di mana peneliti mengimplementasikan studi film formalis untuk lebih menganalisis film. Masyarakat melihat Hedwig aneh, meskipun kebanyakan orang yang lebih tua yang berpikir seperti itu. Penonton Hedwig yang lebih muda seringkali sangat mendukung zir. Sangat jelas sejak awal film bahwa Hedwig dibuat untuk terlihat berbeda, namun percaya diri. Dia itu ramai, mudah bergaul, dan ekstrovert, meskipun jauh di dalam ia merasa tidak nyaman, dan itu kadang-kadang menyebabkannya untuk menyakiti orang lain, seperti suaminya sendiri. Sepanjang film, Hedwig terus-menerus berpikir bahwa ze mungkin memiliki "other half" yang menyebabkan dia untuk tetap mengikuti Tommy Gnosis, karena dia meyakini, setidaknya pada satu saat, bahwa ia mungkin yang akan membuat Hedwig menjadi komplit. Di akhir film, Hedwig berubah karena ia telah mencapai aktualisasi diri. Penelitian ini dapat membantu melihat bagaimana individu-individu nonbiner dalam film. Untuk peneliti masa depan, lihatlah bagaimana waktu yang berbeda dalam sejarah dapat mempengaruhi seseorang. Bagi mereka yang meneliti film ini, lihat bagaimana Hedwig mungkin berbeda jika film ini mengambil waktu dalam waktu yang lebih modern.

English Abstract

In the 2001 rock-musical film Hedwig and the Angry Inch, starring and directed by John Cameron Mitchell, we are introduced to Hedwig—a man whose sex operation got “botched,” leaving him with mutilated genitals neither male nor female. Due to the ambiguity of Hedwig’s gender, the writer shall use the genderneutral pronoun “ze” to refer to zir from now on. In this thesis, the writer researched: (1) The idea of gender binarism and society’s widely accepted gender constructs and (2) How queer individuals, such as Hedwig, cope with their differences from the general straight society. This is a study of queer theory, using gender approach, focusing on one fictional character: Hedwig Robinson. Maslow’s hierarchy of needs is also used to understand the character’s changes in the movie. As this is a movie, the data obtained in this thesis were from the movie itself, in which the researcher implemented the formalist movie studies to further analyze the movie. Society sees Hedwig strange, though mostly the older individuals. Hedwig’s younger audience are oftentimes very supportive of zir. It is very clear from the very beginning of the movie that Hedwig was made to look different, yet confident. Ze is loud, sociable, and extroverted, though deep inside ze feels insecurity which would sometimes cause zir to mistreat others, like zir husband. Throughout the film, ze constantly thinks that ze may have an “other half” which led zir to keep following Tommy Gnosis, as ze believed, at least at one point, that he may be who would complete zir. At the end of the movie, Hedwig changed as ze has achieved self-actualization. This study can help look into how non-binary individuals are in films. For future researchers, look into how different times in history can affect a person, specifically those who identify as LGBTQ individuals. For those researching on this movie, look into how Hedwig may have been different had this movie taken time in a more recent time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/331/051806714
Uncontrolled Keywords: Gender, Teori Queer, Binarisme Gender, dan Hirarki Kebutuhan-Gender, Queer Theory, Gender Binarism, and Hierarchy of Needs
Subjects: 700 The Arts > 791 Public performances > 791.4 Motion pictures, radio, television > 791.43 Motion pictures > 791.437 Films
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:23
Last Modified: 05 Jul 2022 03:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166396
[thumbnail of Salsabila Labita.pdf] Text
Salsabila Labita.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item