Mutoharoh, Maulidatul (2018) The Use Of Wait-Time In English Classes At Smp Brawijaya Smart School Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Waktu-tunggu adalah rentang waktu antara perkaataan guru dengan siswa. Rentang waktu tersesbut sangat penting untuk siswa untuk menjawab pertanyaanpertanyaan dari guru. Rentang waktu tersebut bisa digunakan siswa untuk memikirkaan jawaban dari pertanyaan tersebut dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jenis-jenis pertanyaan yang diberikan oleh guru berdasarkan revisi taxonomi Bloom, rata-rata waktu-tunggu yang dibutuhkan oleh siswa untuk menjawab pertanyaan berdasarkan revisi taxonomi Bloom, dan efek dari perbedaan waktu tunggu yang digunakan oleh guru terhadap jaawabanjawaaban siswa. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian. Objec dari penelitian ini adalah dua kelas VIII di SMSP Brawijaya Smart School. Peneliti menggunakan tiga instrumen selama pengambilan data: perekam suara, catatan lapangan, dan pedoman wawaancara. Perekam suara digunakan untuk merekam proses pembelajaran. Catatan lapangan digunakan untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan agar tidak ada data yang tertinggal. Pedoman wawancara digunakan untuk membantu peneliti selama melakukan wawancara dengan guru setelah observasi kelas selesai. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada lima macam pertanyaan yang digunakan oleh guru, yaitu: mengingat (44,75%), memahami (25,17%), menggunakan (18,88%), menganalisa (6,99%), dan mengevaluasi (4.19%). Ratarata waktu-tunggu yang diberikan oleh guru, yaitu: (1) 7 detik untuk pertanyaan mengingat, mengingat, (2) 15 detik untuk pertanyaan memahami, (3) 25 detik untuk pertanyaan menggunakan, (4) 25 detik untuk pertanyaan menganalisa, dan (5) 96 detik untuk pertanyaan mengevaluasi. Waktu-tunggu tersebut juga memberikan beberapa pengaruh bagi jawaban-jawaban siswa, yaitu: (1) semakin lama waktu-tunggu yang diberikan kepada siswa mempengaruhi jumlah jawaban siswa yang benar. (2) Semakin lama waktu tunggu yang diberikan kepada siswa mempengaruhi variasi jawaban siswa. (3) semakin banyak waktu-tunggu yang siberikan kepada siswa mempengaruhi jumlah siswa yang menberikan jawaban yang komplit. Jadi bisa disimpulkan bahwa waktu-tunggu bisa memberikan berpengaruh yang baik pada jawaban-jawaban siswa. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan bisa melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang waktu-tunggu dan dampaknya di dalam kelas kelas bahasa Inggris.
English Abstract
Wait-time is space between teachers’ questions and students’ answers. The space is very important for the students to answers teachers’ questions. The space can be used by the students to think carefully about the best answer for the teachers’ questions. This study is aimed to find out the type of questions are given by the teachers based on revised Bloom’s taxonomy, the wait-time average to answer each type of questions based on revised Bloom’s taxonomy and to what extend the wait-time infuence the answers of students at SMP Brawijaya Smart School Malang This study used descriptive qualitative as the research design. The participants were two classes grade VIII at SMP Brawijaya Smart School Malang. The researcher used three instruments during data collection: phone recorder, a field note and interview guide. The recorder was used to record teaching process. The field note was used to get more valid data and avoided missing data. Interview guide was used to guide the researcher during interviewing the teachers after classroom observations. The result of the study showed there were five types of questions used by the teachers: remembering (44.75%), understanding (25.17%), applying (18.88%), analyzing (6.99%), and evaluating (4.19%). The wait-time averages used by the teachers were: (1) 7” for the remembering questions, (2) 15” for understanding questions, (3) 25” for applying questions, (4) 25” for analyzing questions, and (5) 90” for evaluating questions. The wait-time also gave some influence to the students’ answers; (1) The longer wait-time given to the students’ answers influence the correct of students’ answers; (2) The longer wait-time given to the students’ answers influence the various of students’ answers. (3) The longer waittime given to the students influence the number of students who give complete answers. Thus, it could be concluded that the wait-time can give good influence to the students’ answer. For the next researcher suggested to use conduct the deeper research about wait-time and its effect to English claasses.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2018/262/051806623 |
Uncontrolled Keywords: | Kelas Bahasa Inggris, Pertanyaan, Waktu-Tunggu / English Classes, Teachers’ Question, Wait-time |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 02:30 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 09:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166395 |
Text
Maulidatul Mutoharoh.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |