Performativitas Gender Tokoh Kayako Kirishima dan Masami Endou Pada Film Blue Karya Sutradara Hiroshi Ando.

Reganata, Arya Bagus (2018) Performativitas Gender Tokoh Kayako Kirishima dan Masami Endou Pada Film Blue Karya Sutradara Hiroshi Ando. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam sebuah kebudayaan sudah menjadi sebuah hal yang lazim jika seorang laki-laki sudah sepatutnya menjadi seorang yang maskulin begitu juga sebaliknya jika dia seorang perempuan maka harus menjadi seorang yang feminim, namun kenyataannya gender tersebut tidak terikat oleh seks dan pada dasarnya memiliki sifat yang cair dan akan terus berubah ubah. Hal tersebut tergambar dalam film yang berjudul Blue karya sutradara Hiroshi Ando yang dirilis pada tahun 2002. Film ini menunjukkan bagaimana perubahan-perubahan gender yang ditunjukkan oleh tokoh utama. Penelitian ini menganalisa mengenai bagaimana gender tersebut dapat berubah dan membuktikan kecairan sebuah gender di dalam diri tokoh Kayako Kirishima dan Masami Endou. Teori yang digunakan untuk menganalisa permasalahan tersebut adalah teori Gender Performativity Judith Butler dengan teori Mise en Scene dan Teori Penokohan sebagai teori pendukung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh Kayako Kirishima dan Masami Endou yang saling mencintai menunjukkan kecairan sebuah gender yang ditunjukkannya mulai dari sebelum mereka menjalin cinta dengan sesudah mereka menjalin hubungan cinta yang mana membuktikan bahwa seks dan tubuh hanyalah sebuah wadah dan gender yang mengisi, gender tidak terikat dengan seks meskipun dia seorang perempuan belum tentu dia adalah seorang yang feminim begitu juga sebaliknya jika dia adalah seorang laki-laki belum tentu jika dia adalah seorang yang maskulin.

English Abstract

-

Other obstract

文化の中で男が男らしいを真似をすることと女も女らしいを真似をす ることが平常でやっている。しかし、社会の中ではその事実は違う。実は ジェンダーとセックスは別々の意味を持っている。ジェンダーとはセック スじゃない、セックスもジェンダーじゃない。ジェンダーは水のように変 わっている。そのことが映画で載っている。その映画のタイトルは『ブル ー』安藤尋の作品だ。 本研究は、伽椰子霧島と雅美えんどうのジェンダーはどうやって水の ように変わってくるのかを研究する。筆者は安藤尋の理論を試用して研究 問題を分析する。また、解析するために筆者はミザンセーヌと素質の理論 も使用する。本研究は質的研究方法を使用した。 本研究の結果、伽椰子霧島と雅美えんどうが付き合うことになった。 この二人の愛はジェンダーとは水のように変わってくるのは証拠になった。 また、二人の愛から筆者はジェンダーとはセックスじゃない、男はいつも 男らしいを真似をするじゃない女も女らしいを真似をするじゃないという 結論を出した。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/435/051812174
Uncontrolled Keywords: Lesbian, Gender, Performativitas Gender.
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.3 People by gender or sex
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 03 Sep 2019 07:33
Last Modified: 05 Jul 2022 03:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166393
[thumbnail of Arya Bagus Reganata.pdf] Text
Arya Bagus Reganata.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item