Permadi, Aditya (2018) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Inovasi dengan Orientasi Pasar Sebagai Variabel Intervening. (Survei Online Pada Pengelola Startup Anggota Surabaya Web Community). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keberhasilan stratup dalam menerapkan kinerja inovasi terletak pada kapasitas mengubah pengetahuan menjadi tindakan, dengan didukung orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap orientasi pasar, pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja inovasi, dan pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja inovasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan kinerja inovasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 startup di Surabaya Web Community. Sampel dalam penelitian ini adalah 45 startup yang berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner online. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis) dengan uji t sebagai pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh secara signifikan terhadap orientasi pasar dengan thitung sebesar 3,878 > ttabel sebesar 2,017 (α = 0,05; df residual = 43) dan nilai signifikansi hasil perhitungan tertera dalam kolom sig. sebesar 0,000 (p < 0,05). Orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja inovasi dengan thitung sebesar 3,189 > ttabel sebesar 2,018 (α = 0,05; df residual = 42) dan nilai signifikansi hasil perhitungan tertera dalam kolom sig. sebesar 0,003 (p < 0,05). Orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja inovasi dengan thitung sebesar 6,510 > ttabel sebesar 2,018 (α = 0,05; df residual = 42) dan nilai signifikansi hasil perhitungan tertera dalam kolom sig. sebesar 0,000 (p < 0,05).
English Abstract
The success of startups in applying innovation performance lies in the capacity of turning knowledge into action, with the support of entrepreneurial orientation and market orientation. This study aims to recognize the effect of entrepreneurial orientation on market orientation, the influence of entrepreneurship orientation on innovation performance, and the influence of market orientation on innovation performance. The type of research used in this research is explanatory research with quantitative approach. Variables used in the research are entrepreneurial orientation, market orientation, and innovation performance. The population in this study are 50 startups in Surabaya Web Community. The samples in this research are 45 startups based on Slovin formula calculation. The sampling technique used in this research is simple random sampling. The data collection method in this research is using an online questionnaire. Data analysis used is descriptive statistical analysis and path analysis with t-test as hypothesis testing. The result of the research has shown that the entrepreneurial orientation has a significant effect on the market orientation with t count of 3.878> t table of 2.017 (α = 0,05; residual df = 43) and the significance value of the calculation is stated in the sig column. of 0,000 (p <0.05). The entrepreneurial orientation has a significant effect on the performance of innovation with t count of 3.189> t table of 2.018 (α = 0,05; residual df = 42) and the value of significance of the calculation is stated in the sig column. of 0.003 (p <0.05). The market orientation significantly influences the performance of innovation with t count of 6,510> t table of 2.018 (α = 0,05; residual df = 42) and the value of significance of the calculation is stated in the sig column. of 0,000 (p <0.05).
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/764/051809276 |
Uncontrolled Keywords: | Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Kinerja Inovasi Entrepreneurial Orientation, Market Orientation, Innovation Performance |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.04 Entrepreneurship |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 07:17 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 07:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166370 |
Preview |
Text
Aditya Permadi.pdf Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text
Aditya Permadi.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |