Analisis Kesenian Barongsai Kelenteng Eng An Kiong Malang Pasca Orde Baru

Surandim, Ayomi Adhyatma Maulana (2018) Analisis Kesenian Barongsai Kelenteng Eng An Kiong Malang Pasca Orde Baru. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Budaya tiongkok adalah adalah budaya asing yang paling lama ada di Indonesia. Barongsai adalah kesenian tradisional yang berasal dari Tiongkok dan disebarkan ke Indonesia mulai abad 17. Kelenteng adalah tempat ibadah tiga agama yaitu Taoisme, Buddhisme dan Konghucu serta tempat bernaungnya kelompok-kelompok barongsai di Indonesia. Pada orde baru, semua kesenian dari Tiongkok dilarang dipentaskan di tempat umum. Pada tahun 2000 barongsai diperbolehkan untuk dipermainkan lagi di depan umum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data observasi. Analisis data dilakukan dengan menganalisis temuan yang mengandung kondisi terkini barongsai Kelenteng Eng An Kiong Malang.

Other obstract

中国文化是印度尼西亚最长的外国文化。 舞狮是源自中国的传统艺术,并从17世纪传播到印度尼西亚。 寺庙是印度尼西亚三教崇拜的地方,即道教,佛教,儒教和舞狮群体的庇护所。在2000年 舞狮可以再次在公共场所演出。 在新订单中,所有来自中国的艺术都禁止在公共场所进行。 本研究采用定性描述方法和观测数据收集技术。 数据分析是通过分析包含舞狮寺庙永安宮玛琅最新情况的调查结果完成的。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/268/051806629
Uncontrolled Keywords: budaya tiongkok, barongsai, Kelenteng, pasca orde baru
Subjects: 700 The Arts > 745 Decorative arts
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Nov 2019 07:13
Last Modified: 01 Jul 2022 09:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166366
[thumbnail of Ayomi Adhyatma Maulana Surandim.pdf] Text
Ayomi Adhyatma Maulana Surandim.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item