Hidayat, Maghfir (2018) EFL Learners’ Extensive Reading through Digital Media in Learning English: A Case Study. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Skripsi ini menyajikan sebuah studi kasus tentang pengaruh membaca ekstensif bagi pembelajar EFL melalui media digital pada pembelajaran bahasa inggris. Oleh karena itu, masalah dari penelitian ini adalah “bagaimana membeaca extensive melalui media digital membantu pembelajar dalam bahasa inggris”.Melalui metode deskriptif kualitatif, semua data diperoleh melalui tiga instrumen. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah paduan wawancara, mengajukan catatan observasi, dan dakumentasi. Kemudian, data dianalisis secara deskriptif setelah dikelompokkan kedalam aspek yang terkait. Para peserta penelitian ini adalah dua mahasiswa Universitas Brawijaya jurusan Hubungan Internasional dan jurusan Matematikayang bernama Tony dan James (nama samaran) yang di dipilih berdasarkan kemampuan bahasa inggris, khususnya membaca berdasarkan nilai dari tes TOEFL yang mereka peroleh dan kebiasaan membaca mereka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media digital dalam membaca extensive membantu pembelajar EFL dalam pembelajaran bahasa inggris. Kedua partisipan menyatakan bahwa media digital lebih up-to-date dan lebih mudah digunakan. Kemudian, melalui membaca ekstensif pembelajar merasa terbantu dalam pembelajaran EFL melalui topic yang mereka suka. hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa belajar EFL melalui membaca ekstensif terbukti lebih efektif dan efisien, dan hal tersebut membantu pembelajar yang tak memiliki ketertarikan dalam membaca buku-buku pelajaran untuk belajar melalui membaca ekstensif. Berikutnya adalah strategi yang digunakan, hasil dari penelitian ini menunjukkan kedua partisipan cenderung menggunakan strategi affektif dalam belajar melalui membaca ekstensif dan juga mengaplikasikan aspek dari strategi kompensasi, partisipan biasa menebak arti dari suatu kata-kata asing melaui konteksnya ketika belajar melalui membaca ekstensif, hal tersebut merupakan salah satu aspek dari strategi kompensasi Lebih jauh lagi, hasil dari penelitian ini juga mengungkap masalah yang biasa ditemui ketika membaca ekstensif melalui media digital. Yang pertama adalah masalah mata yang lebih cepat lelah ketika melihat layar media digital yang terlalu lama dan merasa pusing ketika sudah terlalu lama melihat layar media digital. Untuk mengatasi masalah ini, partisipan biasanya mngganti aktifitas sebentar ketika sedang membaca atau melakukan hal-hal lain. Berikutnya adalah masalah kosakata yang tidak diketahui ketika membaca ekstensif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa partisipan cenderung membaca teks yang yang memiliki topic masih familiar bagi mereka, karena masalah kosakata yang tidak diketahui bisa ix diatasi hanya dengan mencarinya di kamus atau menebaknya dengan memilik latar belakang pengetahuan tentang topik tersebut. Hasil dari penelitian ini diharapkan memberi manfaat bagi para guru, murid-murid, dan peneliti selanjutnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan bahwa guru dapat mempertimbangkan untuk mengaplikasikan membaca ekstensif melalui media digital untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris para siswa. Untuk pembelajar bahsa inggris, peneliti menyarankan kepada mereka untuk meningkatkan motivasi dalam belajar bahasa inggris dan lebih kreatif dalam menemukan materi bacaan untuk dibaca. Dan yang terakhir bagi peneliti selanjutnya, peneliti merekomendasikan menggunakan lebih banyak subjek penelitian dan membuat penelitian yang lebih kompleks.
English Abstract
This undergraduate thesis presents a case study about EFL Learners’ Extensive Reading through Digital Media in Learning English. Therefore, the research problem was “how digital extensive reading helps learners in learning English”. Through descriptive qualitative method, all the data were obtained through three instruments. The instruments used were interview guide, field note of observation and documentation. Then, the data were analyzed descriptively after being classified into related aspects. The research participants of this research were two students of Mathematic’ Major and International Affairs Major of Brawijaya University namely Tony and James (pseudonyms) that were determined by their English proficiency especially in reading based on the TOEFL scores and their reading habit in digital media. The results of this study showed that the digital media in extensive reading helps the EFL learners in learning English. The participants stated that digital media is more up-to-date and easier to be used and through extensive reading learners felt helped in EFL learning through topics that they liked. The results of this study also revealed that learning EFL through extensive reading was more effective and efficient and it helped learners who had no interest in reading academic books. The next was the strategies used, the results of this study showed that both participants tended to use affective strategies and also applied aspects of compensation strategies, one of aspects of compensation strategy was guessing the meaning based on the context Furthermore, the results of this study also revealed the common problems faced by the extensive readers in digital media. The first was the visual fatigue problems and feeling dizzy problem in long duration of digital reading activity. To solve these problems the participants usually switched the activity during reading or did multitasking. The next was the unknown words problems when reading in extensive reading. As the results of this study the participants tend to read the texts which had familiar topics for them, because unknown words problems could be solved through having background knowledge about the topics. The result of this study is expected to give significances for teachers, students, and further researchers. It is expected that teachers could consider extensive reading through digital media to be applied to improve students’ English skills. For English learners, the researcher suggested to improve their motivation in learning English and creative in finding the reading material for reading. And the last for further researcher, the researcher recommended using more participants and conducting more complex study.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2018/328/051806711 |
Uncontrolled Keywords: | Membaca Ekstensif, Membaca Digital, Strategi Belajar-Extensive Reading, Digital Reading, Learning Strategies |
Subjects: | 400 Language > 421 Writing system, phonology, phonetics of standard English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 06:40 |
Last Modified: | 18 May 2022 02:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166364 |
![]() |
Text
Maghfir Hidayat.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |