Akbar, Mochammad Vachmi (2018) The Communicativeness of Student Textbook “BAHASA INGGRIS SMA/SMK/MA/MAK KELAS XI” for Senior High School. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Buku teks yang berjudul BAHASA INGGRIS SMA/SMK/MA/MAK KELAS XI yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud dikembangkan oleh Kurikulum 2013. Kemampuan buku teks dalam menyajikan materi secara komunikatif menjadi fokus dalam penyusunan buku teks yang baik. Hal itu sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 yang menekankan pada pembelajaran mandiri dan pembelajaran terpusat pada siswa. Oleh karena itu, peneliti melakukan analisa terhadap kekomunikatifan buku teks tersebut. Aspek yang dianalisa pada buku teks tersebut meliputi aspek desain dan isi, komponen komunikatif, dan interaksi komunikatif. Alasan peneliti melakukan penelitian pada buku teks ini karena buku teks ini diterbitkan oleh pemerintah dan digunakan oleh para guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan isi buku serta menjelaskan seberapa komunikatif buku teks tersebut. Penelitian ini didasarkan pada “checklist” yang dibuat oleh Cunningsworth (1995). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengidentifikasi isi buku teks dengan menggunakan “checklist” tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku tersebut sudah hampir memenuhi semua “checklist” dari Cunningsworth. Dalam aspek desain dan isi, buku tersebut tidak memenuhi criteria dari “checklist” Cunningsworth dikarenakan tidak ada silabus dalam buku tersebut, tetapi untuk isi dari buku tersebut nyata dan menggunakan metode asli. Dalam aspek interaksi komunikatif, “checklist” ini memenuhi criteria dari buku komunikatif. Dalam aspek komponen komunikatif tidak memenuhi “checklist”. Secara keseluruhan, buku ini tidak sesuai dengan “checklist” Cunningsworth dalam hal buku teks komunikatif.
English Abstract
A textbook entitled BAHASA INGGRIS SMA/SMK/MA/MAK KELAS XI is published by Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. It is considered that the textbook is developed based on Curriculum 2013. One thing that should become a focus of a good textbook is the communicativeness to support students’ independent learning as well as facilitate student-centered learning as the ultimate goal of Curriculum 2013. Therefore, the communicativeness of the textbook is worth analyzing. The communicativeness of the textbook is analyzed through design and content, communicative components, and communicative interactions. The researcher conducts this study to the textbook because it has been published by the government and used by teachers and students. This study uses descriptive method in picturing the content of the textbook and explaining the communicativeness of the textbook. The analysis is based on Cunningsworth’s (1995) checklist. The data are collected by identifying the content of the textbook with criteria on the communicative textbook evaluation checklist. The result shows that the textbook mostly fulfills the Cunningsworth’s checklist. In term of design and content, the textbook cannot fulfill the criteria of the Cunningsworth’s checklist because there is no syllabus in the textbook but the contents are real and use authentic method. In the term communicative interaction, the checklist fulfills the criteria of communicativeness textbook. In term of communicative components cannot fulfill the checklist. Overall, this textbook was not appropriate with Cunningsworth’s checklist in the terms of communicativeness of the textbook designed by Cunningsworth.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2018/324/051806707 |
Uncontrolled Keywords: | Buku Teks, Kekomunikatifan, Desain dan Isi, Komponen Komunikatif, Interaksi Komunicatif-Textbook, bahasaBahasaCommunicativeness, Design and Content, Communicative Components, Communicative Interactions |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 07:37 |
Last Modified: | 18 May 2022 02:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166351 |
Text
Mochammad Vachmi Akbar.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |