Tindak Tutur Imperatif dalam Film Wood Job! Karya Shinabu Yaguchi (Kajian Sosiopragmatik).

Puspitasari, Nama Alria (2018) Tindak Tutur Imperatif dalam Film Wood Job! Karya Shinabu Yaguchi (Kajian Sosiopragmatik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fenomena bahasa di dalam realitas yang sesungguhnya itu menggambarkan penggunaan bahasa secara lebih kompleks, khususnya dalam kegiatan bertutur kata. Misalnya, di dalam tindak tutur memahami konteks tuturan secara benar dan tepat sangat diperlukan. Penelitian dengan judul “Tindak Tutur dalam Film Wood Job! Karya Shinabu Yaguchi (Kajian Sosiopramatik)” ini mengkaji tindak tutur berdasarkan konteks sosiokultural, spatio-temporal, situasional, dan tekstual dari suatu masyarakat tutur, terbagi ke dalam lima ranah sosial, yakni antara lain: ranah pendidikan; ranah pekerjaan; ranah persahabatan; ranah kemasyarakatan; dan ranah keluarga. Adapun penelitian ini bertujuan untuk membahas 2 fokus utama penelitian, yaitu: 1) wujud tindak tutur imperatif dalam film Wood Job! karya Shinabu Yaguchi berdasarkan ke lima ranah sosial; dan 2) makna sosiopragmatik imperatif dalam tindak tutur yang terdapat dalam film tersebut di dasarkan ranah sosialnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan kajian sosiopragmatik, yakni suatu kajian yang melibatkan keadaan atau kondisi sosiokultural dari suatu masyarakat tutur. Adapun sumber data yang digunakan terbagi menjadi dua jenis, yakni data primer (film Wood Job! karya Shinabu Yaguchi) dan data sekunder (kepustakaan relevan yang terkait dengan topik penelitian). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak. Selanjutnya, data dianalisa dengan menggunakan metode padan pragmatis dan pendekatan sosiologi (analisis ranah). Landasan teori menggunakan teori Rahardi, terdiri dari teori sosiopragmatik (Rahardi, 2009) dan teori imperatif terkait wujud dan makna (Rahardi, 2005). Keseluruhan data temuan berjumlah 81 data. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya pada film Wood Job! karya Shinabu Yaguchi ditemukan 2 macam wujud imperatif, yakni wujud formal (terkait dengan ciri struktural) dan wujud sosiopragmatik imperatif (terkait dengan makna tuturan). Berdasarkan teori 17 macam makna imperatif (Rahardi, 2005), dari ke lima ranah sosial, ditemukan 13 macam makna imperatif, 4 macam makna imperatif yang disebutkan dalam teori tersebut tidak ditemukan. Adapun 13 macam makna yang ditemukan, yakni antara lain: 1) imperatif perintah; 2) imperatif suruhan; 3) imperatif permintaan; 4) imperatif permohonan; 5) imperatif desakan; 6) imperatif bujukan; 7) imperatif imbauan; 8) imperatif persilaan; 9) imperatif ajakan; 10) imperatif permintaan izin; 11) larangan; 12) imperatif umpatan; dan 13) imperatif anjuran.

English Abstract

-

Other obstract

現場における言語の現象というのはコンプレックスな語用を表し、特には言語 行為である。例えば、言語行動の中で文脈の理解のは重要なことである。本研究 「やぐち・しなぶ監督作の映画『Wood Job!』による命令行為(社会語用論的研 究)」では社会からの社会文化的文脈、時空間的文脈、状況、テキストなど脈言 語行為を研究した。この文脈は5つの社会領域(教育、仕事、友情、社会、家族) に分けられた。本研究の目的は2つで、その①はしなぶ・やぐち監督作の映画 「Wood Job!」による5つの社会領域での命令行為、その②はこの映画による社 会領域から見る社会言語命令行為の意味。 本研究は記述定性的を使い社会語用論を研究した。これは、社会における社会 文化的の状況からという研究である。データは2つに分けられ、1次データはや ぐち・しなぶ監督作の映画「Wood Job!」、2次データは研究に関する本や文学 など。データの収集は聴収方法で収集した。そして、収集したデータは語用論と 社会学の論理で研究された。本研究はラハーディの社会語用論と命令行為(種類 と意味)の論理を使った。 本研究の結果は合計81データを発見した。結果には、やぐち・しなぶ監督作 の映画「Wood Job!」では2種類の命令行為を発見し、その1つはフォーマルな 形(構造の特徴より)、その2つは命令行為的社会語用論(言語の意味より)。 17種類の命令行為と5つの社会領域から、13種類の命令行為を発見された。 残りの4種類は発見されない。発見された13種類は①命令、②指示、③依頼、 ④願い、⑤苦言、⑥説得、⑦注意、⑧許可、⑨勧誘、⑩許容、⑪禁止、⑫侮辱。 ⑬提案である。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/339/051806722
Uncontrolled Keywords: Pragmatik, sosiolinguistik, sosiopragmatik, tindak tutur, tuturan imperatif.
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:35
Last Modified: 18 May 2022 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166349
[thumbnail of Nama Alria Puspitasari.pdf] Text
Nama Alria Puspitasari.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item