Performativitas Gender Tokoh Shinohara En dalam manga Usotsuki Lily Karya Komura Ayumi.

Oktaviari, Amanda Wilma (2018) Performativitas Gender Tokoh Shinohara En dalam manga Usotsuki Lily Karya Komura Ayumi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gender bersifat performatif dalam arti, gender tidak dapat dilihat berdasarkan penampilan luar saja, melainkan dilihat berdasarkan sikap atau gestur. Salah satu karya yang membahas tentang performativitas gender adalah manga Usotsuki Lily. Usotsuki Lily menceritakan tentang romansa tokoh utama wanita yaitu Saotome Hinata dengan Shinohara En yang merupakan seorang cross-dresser. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan performativitas gender Shinohara En. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Teori yang digunakan adalah teori performativitas gender oleh Judith Butler (1990) dan Japanese Gender-Role Index oleh Sugihara Yoko dan Katsurada Emiko (2002). Teori pendukung yang akan penulis gunakan adalah teori komik oleh Scott McCloud (1993). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh Shinohara En memiliki performativitas gender maskulin berdasarkan Japanese Gender-Role Index, yaitu memiliki keinginan kuat, dipercaya orang lain, bernyali atau pemberani dan memiliki pemikiran yang luas. Penelitian ini juga membuktikan bahwa penampilan tidak selalu sama dengan identitas gender seseorang.

English Abstract

-

Other obstract

ジェンダーは遂行的である。というとジェンダーは性的のことじゃなく、中身すなわち行為と仕草のことである。ジェンダーについて語る文学の一つは漫画『うそつきリリー』である。漫画『うそつきリリー』は主役の早乙女ひなたと篠原苑の恋バナについて語っている。篠原は女装が趣味の美少年である。本研究は篠原苑のジェンダー遂行を分析し、記述的に分析する。使用する理論はジュディス・バトラーのパーフォマティビティ理論とすぎはらよことかつらだえみこのJGRI理論である。その上、本研究はScott McCloud の漫画理論で支持される。この研究に篠原苑は(1)やる気がつよい(2)頼れること(3)勇ましい(4)包容力があることというJGRIによるマスキュリンのジェンダーパーフォーマティビティを持っているという結果がわかる。そのうえ、ジェンダーは格好から決まると限らないと分かる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/173/051806464
Uncontrolled Keywords: Performativitas gender, maskulinintas, femininitas, manga, Usotsuki Lily
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.3 People by gender or sex
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Oct 2019 06:52
Last Modified: 17 May 2022 08:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166268
[thumbnail of Amanda Wilma Oktaviari.pdf] Text
Amanda Wilma Oktaviari.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item