Analisis Abnormal Return Sebelum Dan Sesudah Pengumuman Investment Grade Indonesia (Studi Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Indeks Lq-45 Periode Februari 2017-Juli 2017)

Rahmadhani, Anindha Hatma Heka (2018) Analisis Abnormal Return Sebelum Dan Sesudah Pengumuman Investment Grade Indonesia (Studi Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Indeks Lq-45 Periode Februari 2017-Juli 2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Investment grade merupakan penilaian yang diberikan oleh lembaga pemeringkat kepada surat utang yang dinilai layak untuk investasi. Indonesia mendapatkan predikat investment grade pada tahun 2017 oleh tiga lembaga pemeringkat internasional terkemuka yaitu Moody’s, S&P, dan Fitch. Reaksi pasar terhadap pengumuman tersebut dapat diukur menggunakan abnormal return saham untuk mengetahui adanya perubahan harga pada sekuritas. Abnormal return saham akan mengalami perubahan ketika ada informasi baru dan diserap oleh pasar. Penelitian ini menganalisis abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman investment grade Indonesia yang diberikan oleh lembaga pemeringkat Moody’s, S&P, dan Fitch pada perusahaan yang tergabung dalam Indeks LQ-45 periode Februari 2017-Juli 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode event study yang bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar dengan adanya pengumuman investment grade Indonesia yang diberikan oleh tiga lembaga pemeringkat internasional pada tahun 2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel yang digunakan adalah 31 perusahaan. Periode jendela dalam penelitian ini yaitu 11 hari, 5 hari sebelum adanya pengumuman investment grade Indonesia (t-5 hingga t-1), hari pada saat pengumuman investment grade Indonesia (t0), dan 5 hari sesudah pengumuman investment grade Indonesia (t+1 hingga t+5). Pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda yang meliputi one sample t-test dan paired sample t-test. Hasil pengujian one sample ttest pada pengumuman investment grade yang diberikan oleh Moody’s menunjukkan abnormal return yang signifikan pada t0, pengujian one sample t-test pada pengumuman investment grade yang diberikan oleh S&P menunjukkan abnormal return yang signifikan pada t-3, t-1, dan t+1, dan hasil pengujian one sample t-test pada pengumuman investment grade yang diberikan oleh Fitch menunjukkan terdapat abnormal return yang signifikan pada t+1. Hasil signifikan tersebut dapat berarti bahwa pengumuman investment grade Indonesia yang diberikan oleh tiga lembaga pemeringkat internasional berisi informasi. Namun, hasil pengujian paired sample t-test menunjukkan bahwa tidak menemukan perbedaan abnormal return yang signifikan antara sebelum dan sesudah pengumuman yang diberikan oleh Moody’s, S&P, dan Fitch.

English Abstract

Investment grade is an assessment given by rating agencies to debt securities that are considered feasible for investment. Indonesia was awarded investment grade in 2017 by three leading international rating agencies namely Moody's, S&P and Fitch. The market reaction to the announcement can be measured using the abnormal return of stock to know any price changes in the securities. Abnormal return of stock will change when there is new information and is absorbed by the market. This research analyzed the abnormal return before and after the announcement of investment grade of Indonesia given by rating agencies such Moody’s, S&P, and Fitch on companies associated in LQ-45 Index period of February 2017-July 2017. The type of research used was comparative research with quantitative approach. This study used event study method which aimed to find out the market reaction with the announcement of Indonesia’s investment grade awarded by three international rating agencies in 2017. The sampling technique used was purposive sampling with the sample used was 31 companies. The window period in this study was 11 days, 5 days before the announcement of Indonesia’s investment grade (t-5 to t-1), the day of Indonesia's investment grade announcement (t0), and 5 days after the announcement of Indonesia’s investment grade (t + 1 to t+5). The test used in this research was different test which included one sample t-test and paired sample t-test. The result of one sample t-test at the investment grade announcement given by Moody's showed significant abnormal return at t0, the one sample t-test on the investment grade announcement given by S & P showed significant abnormal return at t-3, t-1 , and t+1, and the result of one sample t-test on the investment grade announcement given by Fitch showed that there is a significant abnormal return at t+1. Such significant results could mean that the announcement of Indonesia’s investment grade given by three international rating agencies contains information. However, the results of the paired sample t-test showed that there is no significant abnormal return between before and after the announcements given by Moody's, S & P, and Fitch

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/342/051804883
Uncontrolled Keywords: Investment Grade, Abnormal Return, Event Study, Investment Grade, Abnormal Return, Event Study
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Jul 2019 06:42
Last Modified: 28 Oct 2021 02:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166211
[thumbnail of Anindha Hatma Heka Rahmadhani.pdf]
Preview
Text
Anindha Hatma Heka Rahmadhani.pdf

Download (15MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item