Malika Widya, Pangestika (2018) Dekonstruksi Peran Gender Pada Tokoh Eboshi-sama dan Perempuan-perempuan Desa Tatara Ba Dalam Anime Mononoke Hime Karya Sutradara Hayao Miyazaki. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Gender adalah sebuah pembeda antara laki-laki dan perempuan hasil dari konstruksi sosial. Di masyarakat, gender sering dikaitkan dengan jenis kelamin, yang menyebabkan timbulnya stereotip gender dan peran gender. Anime Mononoke Hime karya sutradara Hayao Miyazaki merupakan salah satu anime terkenal di Jepang. Anime ini mengubah perspektif peranan gender perempuan Jepang di era Muromachi pada tokoh Eboshi-sama dan perempuan desa Tatara Ba, dengan mendekonstruksi peranan perempuan. Dekonstruksi dari Jacques Derrida pada peran gender perempuan inilah yang menjadi tema dan pembahasan pada penelitian ini Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: bagaimana anime Mononoke Hime mendekonstruksi peran gender perempuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dekonstruksi dari Jacques Derrida dengan memanfaatkan Japanese Gender Role Index sebagai landasan untuk menemukan oposisi biner bagi langkah kerja dekonstruksi, dan perspektif peran gender tradisional digunakan sebagai pembacaan peran perempuan atas hasil analisis dekonstruksi dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis dekonstruksi dengan pembacaan perspektif peran gender tradisional menunjukkan adanya dekonstruksi terhadap peran gender pada tokoh Eboshi-sama dan perempuan Tatara Ba meliputi: Eboshi-sama yang dipercaya sebagai pemimpin di desa Tatara Ba sekaligus mengelola pabrik besi, Toki yang memiliki sikap dominan dibandingkan laki-laki desa Tatara Ba, perempuan Tatara Ba yang bekerja sebagai pekerja pabrik besi, perempuan Tatara Ba terlihat lebih tangguh dan pemberani dibandingkan laki-laki, dan perempuan di Tatara Ba menyepelekan keberadaan laki-laki di Tatara Ba. Didalam anime ini juga terlihat 9 sifat maskulin yang menonjol pada Eboshi-sama dan 4 sifat maskulin yang menonjol pada perempuan-perempuan Tatara Ba.
English Abstract
-
Other obstract
ジェンダーは社会構造で男性と女性の区別である。社会でジェンダーと性別は同じ意味として社会でよくある。そのおかげでジェンダーステレタイプと性役割があらわれた。宮崎駿監督の作品『もののけ姫』は日本で有名のアニメの一つだ。このアニメは室町時代の日本の女性の性役割の考えを変わる。その行動はエボシ様とタタラバ村の女性戦士の姿が脱構築でみせた。その研究の議論の内容は女性の性役割がJacques Deriddaの脱構築で考えみました。 この研究の問題はどのような『もののけ姫』が女性の性役割を脱構築されているかである。この研究で使う理論はJacques Deriddaの脱構築とJapanese Gender Role Index根拠として二元対向を見つけるようにである。そして、伝統的な性役割の考え方がこのアニメの女性の性役割を見つけるために必要である。それで、その結果を脱構築の記述定性的で説明した。 その研究の結果は:タタラバで信じられているのリーダーと鉄工場のリーダーとして、トキは他の村の男たちより優性形質をもっていること、タタラバの鉄工場の女性労働者、タタラバの女性たちは男たちより勇ましくて力強いことと女性たちは男たちのを必要をする機会があまりなかったことである。このアニメでエボシ様に九つ男らしい性格が見つけられ、タタラバの女性たちに四つ男らしい性格が見つけられた。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2018/207/051806494 |
Uncontrolled Keywords: | Dekonstruksi, Gender, Stereotip Gender, Peran Gender, Anime-脱構築、ジェンダー、ジェンダーステレオタイプ、性役割、アニメ |
Subjects: | 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.3 People by gender or sex |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:03 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 02:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166200 |
Preview |
Text
Malika Widya Pangestika .pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |