Anakin Skywalker’s Fear And Anxiety In Star Wars Episode Iii: Revenge Of The Sith

Wicaksono, Danar Aji (2018) Anakin Skywalker’s Fear And Anxiety In Star Wars Episode Iii: Revenge Of The Sith. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Karena deskripsi yang jelas tentang konflik psikologis karakter, Star Wars Episode III: Revenge of the Sith yang dipilih sebagai objek utama dalam penelitian ini, merupakan film karya George Lucas yang bercerita tentang seorang Ksatria Jedi muda yang terancam oleh kekuatan jahat “Dark Side”, Ksatria Jedi tersebut bernama Anakin Skywalker, yang diyakini mampu membawa keseimbangan untuk the Force. Star Wars Episode III: Revenge of the Sith ini dipilih karena karakter utama di dalam film tersebut menunjukkan banyak ketakutan dan kecemasannya, oleh karena itu film ini dapat dianalisis menggunakan teori psikoanalisis. Penelitian ini menggunakan psikoanalisis oleh Sigmund Freud karena berhubungan dengan kepribadian dan perilaku karakter utama dalam film. Teori psikoanalisis yang diterapkan adalah tentang rasa takut dan kecemasan. Teori dari mise-en-scene dan karakter dan karakterisasi juga digunakan sebagai teori pendukung. Dalam penelitian ini, penulis menemukan beberapa jenis kecemasan dan ketakutan yang ditunjukan oleh Anakin Skywalker. Dia menunjukkan ketakutan yaitu ketakutan neurotik dan tiga jenis kecemasan yang terdiri dari kecemasan moral, kecemasan neurotik dan kecemasan realistis. Ketakutan dan kecemasan tersebut disebabkan oleh objek yang sama meskipun dia bisa saja menunjukkan reaksi yang berbeda terhadapnya. Reaksi berbeda yang ditunjukkan oleh Anakin Skywalker dipengaruhi oleh pengalamannya di masa lalu. Penulis menyarankan peneliti berikutnya untuk menganalisis mekanisme pertahanan yang ditunjukkan dalam Star Wars Episode III: Revenge of the Sith karena berhubungan dengan ketakutan dan kecemasan karakter utama yang dipelajari dalam penelitian ini.

English Abstract

Due to its vivid description of characters’ psychological conflict, Star Wars Episode III: Revenge of the Sith is chosen as the main object of this study, it is a film by George Lucas telling about a young Jedi Knight who is threatened by an evil force power “Dark Side”, the Jedi Knight is Anakin Skywalker, who is believed to be capable of bringing the balance to the Force. Star Wars Episode III: Revenge of the Sith is chosen because the main character’s shows a lot of fear and anxieties in the movie, therefore this movie is suitable to be analyze using psychoanalysis. This study used psychoanalysis by Sigmund Freud since it deals with character’s personality and behavior in movie. The theory of psychoanalysis that applied are about fear and anxiety. Theory of mise-en-scene and character and characterization are also used as supporting theory. In this study, the writer found some types of anxieties and fear shown by Anakin Skywalker. He showed a fear namely neurotic fear and three kinds of anxiety which are moral anxiety, neurotic anxiety and realistic anxiety. Those fear and anxieties were caused by the same object although he showed different reaction to it. The different reaction showed by Anakin Skywalker was influenced by his experiences in the past. The writer suggests the next researcher to analyze defense mechanism shown in Star Wars Episode III: Revenge of the Sith as it is connected with the main character’s fear and anxiety studied in this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/243/051806535
Uncontrolled Keywords: Film Star Wars, Freud, kecemasan, ketakutan, psikoanalisis / anxieties, fears, Freud, psychoanalysis, Star Wars film.
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 150 Psychology > 150.1 Philosophy and theory; systems, viewpoints > 150.19 Systems, schools, viewpoints > 150.195 Psychoanalytic systems
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Nov 2019 01:56
Last Modified: 04 Jul 2022 03:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166168
[thumbnail of Danar Aji Wicaksono.pdf] Text
Danar Aji Wicaksono.pdf

Download (799kB)

Actions (login required)

View Item View Item