Analisis Kontrastif Simbol Metafora dan Budaya dalam Takhayul Masyarakat Jepang dan Indonesia yang Menggunakan Simbol Hewan.

Riyadi, Diella Fortuna (2018) Analisis Kontrastif Simbol Metafora dan Budaya dalam Takhayul Masyarakat Jepang dan Indonesia yang Menggunakan Simbol Hewan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Takhayul merupakan pernyataan yang bersifat lisan ditambah dengan gerak isyarat yang dianggap mempunyai makna gaib. Masyarakat Jepang dan Indonesia memiliki berbagai macam kepercayaan terhadap takhayul salah satunya, kepercayaan terhadap takhayul tentang hewan. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang takhayul masyarakat Jepang dan Indonesia yang menggunakan simbol hewan. Penelitian ini betujuan untuk 1.) mencari tahu simbol hewan yang digunakan pada takhayul masyarakat Jepang dan Indonesia 2.) mencari persamaan dan perbedaan simbol metafora dan budaya dalam takhayul masyarakat Jepang dan Indonesia yang menggunakan simbol hewan yang sama. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori metafora milik Lakoff dan Johnson tentang hubungan antara metafora dan budaya. Selain itu, penulis juga menggunakan teori budaya milik Jandt dalam Nhlapo dan Goede tentang penyebab adanya perbedaan budaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang kemudian dijelaskan secara deskriptif. Dari hasil penilitian ini ditemukan 14 simbol hewan yang terdapat pada takhayul negara Jepang dan Indonesia. Akan tetapi, tidak semua simbol hewan terdapat pada takhayul Jepang atau Indonesia. Dari 40 data ditemukan beberapa persamaan dan perbedaan simbol metafora dan budaya dalam takhayul Jepang dan Indonesia yang menggunakan simbol hewan yang sama. Persamaan dan perbedaan ini disebabkan adanya perbedaan kebudayaan dan pola pikir masyarakat serta interaksi dengan budaya lain.

English Abstract

-

Other obstract

迷信は口頭での声明に加えて 隠れた意味を持つと考えられているジェスチャー。日本社会と インドネシアにはさまざまな迷信があります。 動物について迷信を信じる。これは作家に 日本人とインドネシア人の迷信についての研究 動物のシンボルを使う。本研究の目的は1.)見つけること 日本人とインドネシア人の迷信に使われる動物のシンボル2) 迷信における比喩と文化の象徴の類似点と相違点を探す 同じ動物のシンボルを使う日本人とインドネシア人。この研究では、研究者らはラコフの比喩理論を使った そして比喩と文化の関係についてのジョンソン。それ以外に、作家 また、NhlapoとGoedeにおけるJandtの文化理論についても使用しています。 文化の違いの原因この研究は方法を使用します それから定性的に説明的に説明した。この研究の結果から14の動物のシンボルが見つかりました 日本とインドネシアの迷信しかし、すべての動物のシンボルがあるわけではありません 日本語またはインドネシア語の迷信で見つかる。 40のデータの中からいくつかが見つかりました 日本の迷信における比喩と文化の象徴の類似点と相違点 同じ動物のシンボルを使用しているインドネシア。方程式と この違いは、文化や考え方の違いによるものです。 コミュニティと他の文化との交流。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/168/051806459
Uncontrolled Keywords: Analisis Kontrastif, Simbol, Metafora, Budaya, Takhayul-対照分析, tradisi Jepang
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Oct 2019 07:09
Last Modified: 17 May 2022 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166159
[thumbnail of Diella Fortuna Riyadi.pdf] Text
Diella Fortuna Riyadi.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item