Penggunaan Fukushi Chotto dalam Anime Hanasaku Iroha Karya Sutradara Masahiro Ando.

Karimah, Fradellia Firdiasy Nuril (2018) Penggunaan Fukushi Chotto dalam Anime Hanasaku Iroha Karya Sutradara Masahiro Ando. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adverbia (fukushi) atau yang biasa dikenal dengan adverbia merupakan salah satu jenis tango (kelas kata dalam bahasa Jepang). Menurut Okamoto dan Saito (2011) fungsi chotto terbagi menjadi 6, diantaranya yaitu: (1) Memperhalus permintaan permintaan, permohonan, keinginan dan petunjuk; (2) Mendahului pernyataan negatif; (3) Mempermudah ungkapan penolakan; (4) Menyatakan ungkapan panggilan; (5) Menyatakan ungkapan untuk menyalahkan seseorang; (6) Menghubungkan dua frasa. Sunagawa (1998) juga menambahkan dua fungsi yang berbeda, yaitu: menyatakan derajat, jumlah, batasan dan tingkatan sesuatu; dan Mengutarakan sebuah penilain. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sumber data anime yang berjudul Hanasaku Iroha karya sutradara Masahiro Ando. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan fukushi chotto yang terdapat dalam sumber data tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam sumber data penulis menemukan sebanyak 110 dialog yang terdapat chotto di dalamnya. Hasil dari penelitian ini adalah semua fungsi chotto yang sudah disebutkan sebelumnya digunakan dalam dialog-dialog pada sumber data. Ungkapan chotto matte kudasai yang biasa ditemui dalam ragam bahasa Jepang ternyata memiliki dua fungsi yang berbeda, yaitu fungsi menyatakan derajat dan fungsi ungkapan panggilan. Chotto dalam kalimat bahasa Jepang yang memiliki fungsi aida tsunagi dapat juga digunakan untuk menyatakan keragu-raguan jawaban serta hal yang sulit untuk diungkapkan.

English Abstract

-

Other obstract

副詞はインドネシア語で、「adverbia」という、単語の一つある。岡本と斎藤(2004)によると「ちょっと」の機能は六つある、すなわち、(1)依頼や、希求、指示行為の負担をやわらげる、(2)否定的内容の前置き、(3)断りを受けやすくする、(4)呼びかけ、(5)とがめ、(6)間つなぎを持つことである。そして、すながわ(1998)によると二つ違う機能があり、つまり程度や量やレベルや限界あらわす・評価を表すである。 本研究の対称になるデータは「花咲く色は」というアニメである。この研究の目的は「ちょっと」の使いことを調べることである。本研究は関係ある参考によって定性的・記述的方法で実施した。 そのデータの中に対にある「ちょっと」は110データがある。この研究の結果は、先にすべての「ちょっと」の機能を話されたことはデータソースにおいてダイアログに使うことである。日本語に「ちょっと待ってください」と言う文句は二つの違う機能があり、程度を表すことや呼びかけの機能である。日本語の文において、使われた間つなぎの機能の「ちょっと」には迷い答えや話しにくいことも表せることである

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/164/051806455
Uncontrolled Keywords: Fungsi, Fukushi, Chotto-機能、副詞、ちょっと
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Sep 2019 06:45
Last Modified: 17 May 2022 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166116
[thumbnail of Fradellia Firdiasy Nuril Karimah.pdf] Text
Fradellia Firdiasy Nuril Karimah.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item