Pengaruh Sentimen Investor Terhadap Return Saham Kelompok Large-Cap Dan Small-Cap: Analisis Behavioral Finance Melalui Pendekatan Top Down, (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

Maulana, Rosyida (2018) Pengaruh Sentimen Investor Terhadap Return Saham Kelompok Large-Cap Dan Small-Cap: Analisis Behavioral Finance Melalui Pendekatan Top Down, (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan sudut pandang kepenlakuan dengan menguj pengaruh sentimen investor terhadap return saham bularian di pasar modal Indonesia periode 2012-2016. Pendekatan behavioral finance muncul sebagai teori akematif untuk menjawab fenomena anomali pasar yang gagal 4elaskan oleh teori keuangan tradisional. Konsep behavioral finance rnengakui adanya bias dan kognitif eror yang melekat pada investor sehingga mereka tidak selaki bertindak rasionaL Mayoritas penelitian terdahulu sepakat nrnyebutkan bahwa sentimen investor iebill berpengaruh terhadap saham yang sulit dinitti dan sulk di-arbitrase, misalnya saham ked. Oleh karena itu, penelitian ini berttljuan untuk menguj i pengaruh se►tirnen investor terhadap return saham yang telah dkelompokkan berdasarkan kapitalisasi pasamya, yakni kelompok large-cap dan small-cap. Sentimen investor diukur menggunakan pendekatan tidak langsung rnelalui tingkat perputaran saham, dividen premium, price earning ratio dan advance decline ratio. Penelitian ini tidak mengekstrak sehruh variabel menjacli indeks sentimen terpadu dkarenakan tingkat kolerasi antar proksi sudah culcup rendah sehingga dapat langsung menggunakan analisis regresi linear berganda. Sampel penelitian menggunakan data time series per bulan selama periode 2012-2016, yakni sebarryak 60 bulan. Data time series rnerupakan rata-rata perbulan dari sekruh individual saham yang dbedakan trenjadi dua kebmpok. yakni kelompok large-cap dan kelornpok small-cap. Jumlah individual saham pada masing-masing kelompok adalah 91 perusahaan kelompok large-cap dan 95 perusahaan kelompok small-cap. Hasil penelitian menemukan bahwa pertantL sentirnen investor secam statistk memiliki pengaruh yang signifkan secara simultan bad terhadap return saham keiompok large-cap maupun small-cap. Akan tempi sentimen investor mernperlihatkan pengaruh yang kbh kuat terhadap return saham small-cap. Kedua, seluruh variabel sentinen investor memilici pengaruh secara parsial varw. signifikan terhadap return saham kelomix)k small-cap. Sebattknya. hanya variabel dividen premium dan advance decline ratio yang ►emilki penpruh secara parsia I yang signifkan terhadap return wham large-cap. Teralchir, as penelitian menermikan bahwa dividen premium memiliki arah pengruh yang berbeda. vakni rnernilki pengaruh post& terhadap return sa-Aarn kebmpok large-cap dan nXrnil ik pengaruh negatif terhadap return saham kelornpok small-•ap.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/260/051804388
Uncontrolled Keywords: Behavioral Finance, Emerging Market, investor, Sentitnen Investor, Stok return
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 07 Jan 2022 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166071
[thumbnail of Rosyida Maulana.pdf]
Preview
Text
Rosyida Maulana.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item