Proses Inovasi Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor SAMSAT Judes (Jujug Desa) (Studi pada Kantor Bersama SAMSAT Jombang)

Romadhoni, Yusuf Ilham (2018) Proses Inovasi Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor SAMSAT Judes (Jujug Desa) (Studi pada Kantor Bersama SAMSAT Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SAMSAT Judes (Jujug Desa) merupakan inovasi pelayanan publik yang dibentuk Kantor Bersama SAMSAT Jombang memberikan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor berbasis jemput bola. Inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa) terbentuk karena adanya tunggakan pajak kendaraan bermotor yang terjadi di Jombang akibat banyaknya masyarakat/wajib pajak yang masih sering terlambat membayar pajak. Inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa) sesuai dengan namanya layanan ini beroprasi pada pedesaan yang sasarannya adalah masyarakat/wajib pajak yang berdasarkan analisa Kantor Bersama SAMSAT Jombang paling sering terlambat membayar pajak kendaran bermotor. Penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus yang diambil dari teori proses terbentuknya inovasi dari Yogi Suwarno. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian Proses Inovasi Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor SAMSAT Judes (Jujug Desa), yaitu dilihat dari bagaimana proses terbentuknya inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa) yang dilakukan oleh Kantor Bersama SAMSAT Jombang untuk menutupi latar masalah yang telah terjadi. Berdasarkan penelitian yang dialakukan peneliti dari hasil terbentuknya proses inovasi SAMSAT Judes (Jujug Desa) yang diteliti sesuai dengan fokus peneliti sudah berjalan dengan baik, meskipun ada beberapa data yang tidak tercantum dalam penelitian ini. Keimpulan dari hasil penelitian ini yaitu 1) Kebutuhan dan masalah, yaitu latar belakang dan masalah yang menjadi awal mula terbentuknya inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa) berupa tunggakan pajak kendaraan bermotor yang dialami Kantor Bersama SAMSAT Jombang dan keluhan dari masyarakat/wajib pajak tentang jauhnya jangkauan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dari tempat tinggal mereka, 2) Riset dasar dan aplikatif, yaitu berupa kegiatan dan persiapan sebelum terbentuknya inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa), Kantor Bersama SAMSAT Jombang melakukan melakukan riset berupa pembagian kuisioner tentang keluhan masyarakat/wajib pajak dan persiapan dari aspek hardware dan aspek software. 3) Pengembangan, yaitu inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa) merupakan pengembangan dari layanan SAMSAT Keliling yang telah beroprasi sebelumnya. 4) Komersialisasi, Kantor Bersama SAMSAT Jombang dalam mempromosikan inovasi layanan SAMSAT Jombang melakukan beberapa cara seperti sosialisasi pada masyarakat/wajib pajak pedesaan, menyebarkan brosur dan mengiklanan pada media sosial. 5) Difusi dan adopsi, yaitu berupa manfaat yang diberikan dalam layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa). 6) Konsekuensi, yaitu konsekuensi yang ditimbulkan dalam inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa). 7) Faktor pendukung dan penghambat dalam proses terbentuknya inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa).

English Abstract

SAMSAT Judes (Jujug Desa) is a public service innovation formed by the Joint Office of SAMSAT Jombang providing motor vehicle tax payment services based on picking up balls. Service innovation SAMSAT Judes (Jujug Desa) was formed due to motor vehicle tax arrears that occurred in Jombang due to the large number of people / taxpayers who were often late in paying taxes. Service innovation SAMSAT Judes (Jujug Desa) as the name implies this service operates in the countryside whose target is the community / taxpayer based on the analysis of the Office Together with SAMSAT Jombang most often late in paying motorized vehicle tax. This study, researchers used a type of descriptive research using a qualitative approach. The focus is taken from the theory of the process of forming innovation from Yogi Suwarno. Data collection techniques are used through interviews, observation and documentation. Data analysis used is the analysis of Miles, Huberman and Saldana. The results of the research are Motor Vehicle Tax Payment Service Innovation Process SAMSAT Judes (Jujug Desa), which is seen from the process of forming service innovations in SAMSAT Judes (Jujug Desa) conducted by the SAMSAT Jombang Joint Office to cover the background of the problems that have occurred. Based on the research carried out by researchers from the results of the formation of the innovation process SAMSAT Judes (Jujug Desa) which were studied in accordance with the focus of the researcher has been going well, although there are some data that are not listed in this study. The conclusions of the results of this study are 1) Needs and problems, namely the background and problems that are the beginning of the formation of service innovations SAMSAT Judes (Jujug Desa) in the form of motor vehicle tax arrears experienced by SAMSAT Jombang Joint Office and complaints from the public / taxpayers about the distance range of motor vehicle tax payment services from their place of residence, 2) Basic and applicable research, namely in the form of activities and preparations before the formation of service innovations SAMSAT Judes (Jujug Desa), SAMSAT Jombang Joint Office conducts research in the form of questionnaires about public complaints / taxpayers and preparation of hardware aspects and software aspects. 3) Development, namely the service innovation SAMSAT Judes (Jujug Desa) is the development of the SAMSAT Keliling service that has operated before. 4) Commercialization, Joint Office of SAMSAT Jombang in promoting SAMSAT Jombang service innovations in a number of ways, such as socializing the community / rural taxpayers, distributing brochures and advertising on social media. 5) Diffusion and adoption, namely in the form of benefits provided in the services of SAMSAT Judes (Jujug Desa). 6) Consequences, namely the consequences of the service innovations of SAMSAT Judes (Jujug Desa). 7) Supporting and inhibiting factors in the process of forming service innovations in SAMSAT Judes (Jujug Desa).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1182/051901222
Uncontrolled Keywords: Inovasi, SAMSAT, Jujug Desa-Innovation, SAMSAT, Jujug Desa, Pajak kendaraan
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Aug 2019 07:45
Last Modified: 25 Oct 2021 04:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166061
[thumbnail of Yusuf Ilham Romadhoni.pdf]
Preview
Text
Yusuf Ilham Romadhoni.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item