Perwari, Ega Sekarnusa (2018) Analisis Kualitas Sistem Informasi Nomor Objek Pajak (SiNOPa) pada Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kualitas pelayanan publik merupakan hal yang perlu diperhatikan serta di tingkatkan oleh organisasi yang menyediakan pelayanan publik, salah satunya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lamongan. Usaha Bapenda dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik nya dengan membuat dan menerapkan Sistem Informasi Nomor Objek Pajak (SiNOPa) untuk Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2). SiNOPa terdiri dari fitur informasi SPPT dan History SPPT. Penerapan sistem informasi ini selain diharapkan agar dapat membantu Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya, juga di harapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik Bapenda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas dari SiNOPa dan perannya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Bapenda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan sistem informasi ini sudah cukup sukses karena memenuhi model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas pelayanan. Peran yang dihasilkan dari penerapan SiNOPa dalam meningkatkan kualitas pelayanan publiknya adalah sebagai pendukung kegiatan operasional, penunjang kinerja organisasi, dan penyalur informasi dengan lebih cepat. Dengan adanya SiNOPa, kinerja pegawai Bapenda lebih efektif dan efisien dalam hal penagihan pajak dan bagi Wajib Pajak lebih cepat dalam mengetahui jumlah pajak terhutang sehingga mempercepat pembayaran PBBP2. Pada penerapan SiNOPa terdapat faktor penghambat dan pendorong. Hambatan yang ditemukan adalah kurangnya sosialisasi ke pelosok desa sehingga masih terdapat masyarakat yang belum mengetahui adanya sistem informasi ini dan jaringan internet yang kurang stabil. Adapun pendorong penerapan ini adalah keantusiasan masyarakat yang sudah mengetahui sistem informasi ini dan keaktifan pegawai dalam mensosialisasikannya. Dari uraian peneliti tersebut, peneliti memberi rekomendasi yaitu pihak Bapenda perlu mensosialisasikan SiNOPa lebih meluas agar semakin banyak Wajib Pajak yang mengetahui dan memanfaatkannya.
English Abstract
The quality of public services is a matter of concern and increased by the organization that provides public services, one of which is the Regional Income Agency (Bapenda) Lamongan District. Bapenda's efforts in improving the quality of its public services by making and implementing Tax Object Number Information System (SiNOPa) for Land and Rural Tax Land and Urban Tax. SiNOPa consists of SPPT and SPPT History feature information. Implementation of this information system other than expected to assist Taxpayers in fulfilling their tax obligations, also expected to improve the quality of public services Bapenda. This study aims to determine and analyze the quality of SiNOPa and its role in improving the quality of public services in Bapenda. This research uses qualitative research method with data collection that is observation, interview, and documentation. The results of this study conclude that the application of this information system is quite successful because it meets the success model of DeLone and McLean information system that is the quality of information, system quality, and service quality. The role that resulted from the implementation of SiNOPa in improving the quality of its public services is to support operational activities, supporting the performance of the organization, and channeling information more quickly. With SiNOPa, the performance of Bapenda employees is more effective and efficient in terms of tax collection and for Taxpayers more quickly in knowing the amount of tax payable so as to speed up the payment of PBB-P2. In the application of SiNOPa there are inhibiting factors and drivers. Obstacles found is the lack of socialization to remote villages so there are still people who do not know the existence of this information system and the Internet network is less stable. The impetus of this application is the enthusiasm of people who already know this information system and employee activeness in disseminating it. From the researcher's description, the researcher recommends that Bapenda need to socialize SiNOPa more widely so that more and more Taxpayers know and use it.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/672/051808692 |
Uncontrolled Keywords: | sistem informasi, model kesuksesan DeLone dan McLean, peran sistem informasi, pelayanan publik. information systems, DeLone and McLean success models, the role of information systems, public services. |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 14 Aug 2019 02:09 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 05:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166018 |
Preview |
Text
Ega Sekarnusa Perwari.pdf Download (34MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |