Penerapan Layanan Unggulan SAMSAT Corner Dalam Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Bersama SAMSAT Kota Malang)

Zona, Yolanda Putri (2018) Penerapan Layanan Unggulan SAMSAT Corner Dalam Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Bersama SAMSAT Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang merupakan kota dengan kepadatan jumlah kendaraan bermotor yang meningkat setiap tahunnya. Pesatnya jumlah kendaraan bermotor di Kota Malang menuntut Kantor Bersama SAMSAT sebagai penyelenggara pelayanan publik, untuk selalu berupaya memberikan pelayanan yang berkualitas kepada Wajib Pajak.Salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui layanan unggulan SAMSAT Corner.Layanan unggulan SAMSAT Corner merupakan salah satu layanan unggulan SAMSAT yang merupakan sumber penerimaan terbesar SAMSAT sehingga agar peningkatan Pendapatan Asli Daerah meningkat diiringi dengan peningkatan pelayanan publik.Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini ingin mengetahui peningkatan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor pada layanan unggulan SAMSAT Corner. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitiannya adalah peningkatan pelayanan dari sisi organisasi, interpretasi, penerapan serta faktor pendorong dan penghambat. Lokasi penelitian di Kantor Bersama SAMSAT Kota Malang pada Layanan Unggulan SAMSAT Corner. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah layanan unggulan SAMSAT Corner telah melakukan peningkatan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dari sisi organisasi, interpretasi dan penerapannya. Dalam pelaksanaannya berpedoman pada Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 14 Tahun 2016 dan telah sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur). Layanan unggulan SAMSAT Corner dalam pelaksanaan pelayanannya memiliki faktor pendorong dan penghambat. Namun terdapat GAP antara temuan dengan teori yaitu dari sisi sumberdaya dimana data sekunder menyebutkan bahwa layanan unggulan SAMSAT terdiri dari pihak POLRI, PT Jasa Raharja dan Badan Pendapatan Daerah berbeda dengan fakta di lapangan yaitu layanan unggulan SAMSAT Corner terdiri dari pihak POLRI dan Badan Pendapatan Daerah.

English Abstract

Malang city is a city with a density of motorized vehicles that increase every year. The number of motorized vehicles in the city of Malang requires the Joint Office of SAMSAT as a public service provider to always strive to provide quality services to taxpayers. One of SAMSAT’s leading services which is SAMSAT’s largest source of revenue so that the increase in public services. Based on this, this study wants to know the improvement of motor vehicle tax payment services at the superior SAMSAT Corner service. The type of research used in this study is a qualitative method with a descriptive approach. The focus of this research is improving service from the side of the organization, interpretation, implementation, driving and obstacle factors. Research location in the SAMSAT Joint Office in Malang City on the SAMSAT Corner Superior Service. The results of this study are the superior services of SAMSAT Corner, which have improved service for motor vehicle tax payments in terms of organization, interpretation and implementation. In its implementation, it refers to the Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 14 Tahun 2016 and is in accordance with the SOP (Standard Operating Procedure). The superior service of SAMSAT Corner in carrying out its services has driving and obstacle factors. However, there is a GAP between findings and theory, namely from the side of resources, where secondary data states that superior services of SAMSAT consisting of POLRI, PT Jasa Raharja and Regional Revenue Agency are different from the fact that SAMSAT Corner’s superior service consists of POLRI and Regional Revenue Agency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1167/051901207
Uncontrolled Keywords: Organisasi Publik, Pelayanan Pajak, Pelayanan Prima, Program-Public Organization, Tax Service, Excellent Service, Program
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:55
Last Modified: 25 Oct 2021 04:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165980
[thumbnail of Yolanda Putri Zona.pdf]
Preview
Text
Yolanda Putri Zona.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item