Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Jumlah Industri dan Jumlah Penduduk Terhadap Penerimaan Pajak Reklame (Studi pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2013-2015)

Sari, Ulva Novita (2018) Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Jumlah Industri dan Jumlah Penduduk Terhadap Penerimaan Pajak Reklame (Studi pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2013-2015). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Reklame merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari sistem dan sosial masyarakat modern. Kemampuan reklame dalam menyampaikan pesan kepada konsumen mempunyai peran untuk keberhasilan perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa. Pajak Reklame menjadi salah satu sumber pendapatan daerah yang berpotensi dan dapat dilaksanakan pemungutan secara efisien, efektif dan ekonomis. Masalah yang sering dihadapi pada sektor Pajak Reklame adalah kurang kesadaran dan peran masyarakat dalam meningkatkan Pajak Reklame. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penerimaan Pajak Reklame, seperti Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Jumlah Industri dan Jumlah Penduduk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian explanatif (explanatory research). Penelitian ini mengambil objek pada Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Jumlah sampel penelitian yang diseleksi dengan teknik sampel jenuh adalah sebanyak 29 Kabupaten dan 9 Kota. Teknik Analisis Data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan software SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai Koefisien Determinasi sebesar 60,9% yang menjelaskan bahwa variabel bebas memberikan hampir semua informasi yang dibutuhkan untuk memprediksi variabel terikat. Sisa dari nilai tersebut sebesar 39,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil Uji F menunjukkan bahwa variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap variabel terikat. Hasil Uji t menunjukkan bahwa Produk Domestik Regional Bruto, Jumlah Industri dan Jumlah Penduduk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Penerimaan Pajak Reklame.

English Abstract

Advertising is an inseparable part of the system and social modern society. The ability of billboards to deliver messages to consumers has a role for the success of the company in marketing products and services. Advertising tax is a potential source of regional income and collection can be carried out efficiently, effectively and economically. The problem that is often faced in the Advertising Tax sector is the lack of awareness and the role of the community in increasing Advertisement Taxes. There are several factors that influence billboard tax receipts, such as Gross Regional Domestic Product (GRDP), Number of Industries and Number of Population. The type of research used is quantitative research using an explanatory research design (explanatory research). This research takes the object of the Central Statistics Agency of East Java Province and the Directorate General of Financial Balance of the Ministry of Finance of the Republic of Indonesia. The number of research samples selected by saturated sample technique is 29 regencies and 9 cities. Data Analysis Techniques used are Multiple Linear Regression Analysis with the help of SPSS version 21 software. The results of this study indicate the value of the Determination Coefficient is 60.9% which explains that the independent variable provides almost all the information needed to predict the dependent variable. The rest of the value of 39.1% is explained by other variables not examined in this study. The F Test results show that the independent variables simultaneously affect the dependent variable. The t test results show that the Gross Regional Domestic Product, the Number of Industries and the Number of Population have a significant effect on the Advertising Tax Revenue.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1165/051901205
Uncontrolled Keywords: Produk Domestik Regional Bruto, Jumlah Industri, Jumlah Penduduk dan Penerimaan Pajak Reklame-Gross Regional Domestic Product, Number of Industries, Number of Population and Advertising Tax Revenue
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:15
Last Modified: 25 Oct 2021 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165974
[thumbnail of Ulva Novita Sari.pdf]
Preview
Text
Ulva Novita Sari.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item