Pengaruh Keadilan Pajak Terhadap Motivasi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Pacitan)

Trianti, Nirma (2018) Pengaruh Keadilan Pajak Terhadap Motivasi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Pacitan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya permasalahan terkait keadilan pajak ditengah masyarakat. Permasalahan tidak meratanya distribusi pembebanan pajak yang menyebabkan pemungutan pajakpun tidak maksimal terhadap Wajib Pajak. Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah selama ini dinilai kurang efektif atau malah cenderung salah sasaran seperti halnya kebijakan amnesti pajak yang tujuannya adalah untuk menarik dana-dana yang di parkir diluar negeri oleh orang-orang kapitalis namun kenyataannya paling besar porsi disumbang dari dana dalam negeri. Masalah lainnya adalah terkait dengan besaran tarif yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Tahun 2017 salah seorang penulis terkenal di Indonesia menyatakan bahwa tidak akan menulis novel lagi dikarenakan pengenaan pajak atas penulis yang terlalu besar dan hal ini juga dibenarkan oleh rekan-rekannya sesama penulis. Semua hal ini akhirnya memengaruhi motivasi seseorang dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Penelitian ini ingin mencari adakah pengaruh keadilan umum, kepentingan pribadi, struktur tarif pajak, ketentuan-ketentuan yang diberlakukan khusus dan timbal balik dengan pemerintah terhadap motivasi seseorang dalam membayar pajak pada KP2KP Kabupaten Pacitan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang dipakai adalah explanatory research. Jumlah populasinya adalah 35.813 dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dengan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keadilan umum, kepentingan pribadi, struktur tarif pajak, ketentuan-ketentuan yang diberlakukan khusus dan timbal balik dengan pemerintah secara simultan (simultan) berpengaruh terhadap motivasi seseorang dalam membayar pajak, namun secara parsial keadilan umum, kepentingan pribadi dan struktur tarif pajak tidak berpengaruh terhadap motivasi seseorang dalam membayar pajak, sedangkan ketentuan-ketentuan yang diberlakukan khusus dan timbal balik dengan pemerintah berpengaruh terhadap motivasi seseorang dalam membayar pajak.

English Abstract

This research was conducted on the basis of the many problems related to tax justice in the community. The problem of inequality in the distribution of tax charges that causes tax collection is not optimal for taxpayers. Policies made by the government so far are considered less effective or even tend to be misdirected as well as the tax amnesty policy whose purpose is to attract funds parked abroad by capitalists but in reality the largest portion is donated from domestic funds. Another problem is related to the amount of tariffs set by the government. In 2017 one of the most famous writers in Indonesia stated that he would not write more novels due to tax imposition on the writer which was too large and this was also justified by his fellow writers. All of these things ultimately affect a person's motivation in meeting their tax obligations. This study wants to find out whether there is a general influence of justice, personal interests, tax rate structure, provisions that are specifically applied and reciprocal with the government on one's motivation in paying taxes on the Pacitan Regency KP2KP. The research method used in this research is quantitative with the type of research used is explanatory research. The number of population is 35,813 with a total sample of 100. The data collection method used is a survey method with a questionnaire. Data analysis using multiple linear regression with SPSS. The results of the research show that general justice, personal interests, tax rate structure, provisions that are specifically enforced and reciprocal with the government simultaneously (simultaneously) affect the motivation of a person in paying taxes, but in part general justice, personal interests and tariff structure tax does not affect a person's motivation in paying taxes, while provisions that are specifically and reciprocally applied to the government affect a person's motivation in paying taxes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1162/051901202
Uncontrolled Keywords: -Wajib pajak
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:12
Last Modified: 25 Oct 2021 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165960
[thumbnail of Nirma Trianti.pdf]
Preview
Text
Nirma Trianti.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item