Strategi Pelayanan dan Pengawasan Cukai Hasil Tembakau untuk Meningkatkan Tertib Administrasi (Studi pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Sidoarjo)

Khansa, Faryda (2018) Strategi Pelayanan dan Pengawasan Cukai Hasil Tembakau untuk Meningkatkan Tertib Administrasi (Studi pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang sudah ada di Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Sidoarjo dalam rangka meningkatkan tertib administrasi, mengetahui pelaksanaan strategi oleh di Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Sidoarjo, mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan masalah terkait tertib administrasi dari sektor cukai hasil tembakau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian deskriptif yaitu untuk menggambarkan objek penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles and Huberman dan analisis SWOT. Lokasi penelitian dalam penelitian ini adalah Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan kegiatan wawancara serta dokumentasi. Instrumen penelitian yang dipakai oleh peneliti yaitu dengan pedoman wawancara, alat dokumentasi serta informan yang jelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Strategi yang diterapkan untuk meningkatkan tertib administrasi yaitu dengan strategi ondes dan strategi lapangan. Strategi ini diterapkan untuk mengurangi dan mengatur tingkat kewajaran serta tingkat konsumsi masyarakat terhadap rokok, serta mengatur kelancaran administrasi yang dilakukan oleh pabrikan. Sistem pemasukan data hasil cukai yang masih lemah, ditandai dengan adanya double entry yang dilakukan pada data yang diterima saat pelayanan. Terhambatnya proses pemasukan data ditandai juga dengan adanya gangguan pada jaringan yang sering terjadi pada Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Sidoarjo. Budaya didalam kantor yang berjalan baik serta pembagian kerja yang telah di sesuaikan dengan jenis pekerjaan, dan pengalaman kerja yang telah dimiliki pegawai dalam melakukan pengawasan serta pelayanan cukai hasil tembakau. Jumlah sumber daya manusia yang belum memadai pada bidang penindakan dan penyidikan menyebabkan adanya ketimpangan dalam melakukan pengawasan beredarnya hasil tembakau dengan area kerja yang sangat luas yaitu Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto dan Kota Sidoarjo. Dengan luasnya area kerja tersebut hanya di kerjakan oleh 13 orang saja maka menyebabkan ketimpangan jumlah sumber daya manuasia. Strategi yang diterapkan tersebut juga sudah termasuk efektif akan tetapi belum maksimal, dibuktikan dengan tidak adanya penurunan jumlah penurunan jumlah tingkat tertib administrasi melainkan adanya peningkatan yang cukup signifikan.

English Abstract

This research was conducted based on the existing strategy in Customs Service and Supervisory Office of Customs Type of Customs B Sidoarjo in order to improve the orderly administration, knowing the implementation of strategy by in Service Office and Supervision of Customs and Excise Type of Customs B Sidoarjo, knowing the strength, weakness , opportunities and threats, as well as knowing what factors are supporting and issues related to the orderly administration of the tobacco excise sector. This research uses descriptive research type with qualitative approach. The purpose of descriptive research is to describe the object of research. Data analysis method used in this research is Miles and Huberman model and SWOT analysis. The location of research in this study is the Office of Supervision and Service of Customs and Excise (KPPBC) Type Madya Customs B Sidoarjo. Data collection techniques used in this study by conducting interviews and documentation. The research instrument used by the researcher is by interviewing guides, documentation tools as well as a clear informant. The results of this study show that the strategy applied to improve the administrative order is with ondes strategy and field strategy. This strategy is applied to reduce and regulate the level of fairness and the level of public consumption of cigarettes, and manage the smooth administration by the manufacturer. The excise data entry system is still weak, marked by double entry made on data received during service. The inhibition of data entry process is also marked by the disruption in the network that often occurs in the Office of Customs and Excise Inspection Service Type B Customs B Sidoarjo. Culture in the office that runs well and the division of labor that has been adjusted to the type of work, and work experience that has been owned by employees in conducting surveillance and service of tobacco excise duty. The insufficient number of human resources in the field of prosecution and investigation resulted in unbalance in conducting supervision of the circulation of tobacco products with a very wide working area of Surabaya City, Mojokerto City, Mojokerto Regency and Sidoarjo City. With the extent of the work area is only done by 13 people alone it causes inequality of human resources. The implemented strategy has also been effective but not yet maximal, as evidenced by the absence of a decrease in the number of decreases in the number of administrative order levels but a significant increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/398/051806213
Uncontrolled Keywords: Cukai Hasil Tembakau, Strategi Meningkatkan Tertib Administrasi, Faktor Pendukung dan Masalah terkait Strategi Pengawasan dan Pelayanan dalam Meningkatkan Tertib Administrasi Tobacco Excise, Strategy to Improve Administrative Ordering, Supporting Factors and Issue related to Supervision and Service Strategy in Improving the Order of Administration
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets > 352.44 Revenue administration > 352.448 Customs administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Oct 2019 07:01
Last Modified: 16 Oct 2021 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165952
[thumbnail of Faryda Khansa.pdf]
Preview
Text
Faryda Khansa.pdf

Download (35MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item