Layanan Teknis Perpustakaan Sekolah di Kabupaten Sumenep (Studi di Perpustakaan SMPN 6 Sumenep)

Wibawanto, Mohammad Novan (2018) Layanan Teknis Perpustakaan Sekolah di Kabupaten Sumenep (Studi di Perpustakaan SMPN 6 Sumenep). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan sekolah berfungsi sebagai sarana kegiatan belajar mengajar, penelitian yang sederhana, menyediakan bahan bacaan guna menambah ilmu pengetahuan, dan tempat berkreasi yang sehat di sela kegiatan rutin dalam belajar. Pembinaan perpustakaan pada dasarnya merupakan kelanjutan setelah pembentukan atau pendirian perpustakaan selesai dan pengelolaan berjalan sebagaimana mestinya. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini memiliki tujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pembinaan perpustakaan sekolah serta faktor pendukung dan penghambat yang dimiliki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan cara melakukan pengamatan, wawancara, dan juga pengumpulan data melalui dokumen. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah Model Interaktif oleh Miles, Huberman, dan Saldana (2014) dengan melakukan kondensasi data, penyajian data, yang terakhir yaitu penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan teknis perpustakaan sekolah berjalan kurang baik, sehingga perlu adanya bina teknis yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep adalah bina teknis yang mencakup survei minat pemakai, dilaksanakan dengan cara memberikan tempat untuk menyampaikan saran maupun kritikan dalam sebuah kotak saran yang diharapkan dapat memudahkan siswa menyampaikan pendapatnya mengenai buku atau koleksi yang diingikan. Pengadaan koleksi, dilakukan dengan pembelian disesuaikan dengan anggaran yang ada, hadiah yang didapat dari pihak lain berupa koran dan majalah, atau sumbangan dari siswa kelas 3 yang akan lulus. Klasifikasi, klasifikasi yang digunakan adalah DDC yang dibuat berdasarkan nomor klasifikasi utama saja untuk mempermudah dan menghemat waktu siswa saat mencari buku atau koleksi di rak. Kelengkapan pustaka, setiap buku dibuatkan label, kartu buku, kantong buku, slip tanggal kembali, dan sampul. Label ditempelkan pada punggung buku kurang lebih 3 cm dari ujung bawah. Bina teknis yang telah dilaksanakan tersebut memberikan hasil yang cukup baik dalam pengelolaan perpustakaan, sehingga perpustakaan dapat memberikan layanan pada penggunanya secara maksimal. Terdapat beberapa faktor yang mendukung dalam bina teknis perpustakaan sekolah, di antaranya: dukungan dari sumber daya manusia atau pengelola perpustakaan, tersedianya dana dari pihak sekolah, kontribusi siswa dalam pengadaan buku baru, serta tersedianya sarana dan prasarana perpustakaan. Faktor penghambat dalam layanan teknis perpustakaan yaitu keterbatasan waktu serta tenaga perpustakaan dalam menangani pekerjaan perpustakaan sekolah serta kurang luasnya gedung untuk memenuhi kebutuhan ruang perpustakaan sekolah.

English Abstract

School library is a means of the learning and teaching process, simple research, provides reading activity to enhance personal science, and good place to fill spare time while learning. The library construction is basically the continuance of the construction or conviction of a library done and the management goes as it should. This descriptive research by qualitative approach has its purpose to observe, describe, and analyze the school library construction and supportive factors and the inhibitors instead. The data collection is conducted by observing, interview, and documents collection. Interactive model by Miles, Huberman, and Saldana (2014) is used in analyzing the data by doing data condentation, data serving, determining and verivying conlusion. The result of the research shows that the technical services of school library is bad, so the need of technical development done by library service and archives of Sumenep. The libraries and archives of Sumenep regency has given coaching selection encompasses survey of costumers interest, is conducted by providing bo to write any suggestions or comments regards to add some book or collection. The book demanding is adjusted with the existing fee, gifts that are accepted namely newspaper and magazines or donations from third grade students who are about to pass. The classification used is DDC that is made based on the main classification number to ease student and time saving in looking for the book. The completeness of the library, every books have its own label, book card, bags, slip back date, and cover. The label is pasted right in the back of the book approimately 3 cm from lower end. This construction gave a good improvement in managing the library, so that the library can serve maximally. Factors that are supporting in the school library construction, namely: human source supporting or the library manager, the existing fee, students contribution in procurement new books, facilities and infrastructures of the library. The inhibitors are the limited time, the lack in handling the school library, and the less building area to meet the needs of school library space

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/394/051806209
Uncontrolled Keywords: perpustakaan sekolah, layanan teknis, layanan perpustakaan. school library, technical services, library services.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 020 Library and information sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Aug 2019 01:56
Last Modified: 16 Oct 2021 03:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165931
[thumbnail of Mohammad Novan Wibawanto.pdf]
Preview
Text
Mohammad Novan Wibawanto.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item