Pengaruh Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kualitas Pelayanan dan Implikasinya Pada Motivasi Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tulungagung)

Kristiyaningsih, Ani (2018) Pengaruh Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kualitas Pelayanan dan Implikasinya Pada Motivasi Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan modernisasi administrasi perpajakan merupakan suatu proses pembaharuan dalam bidang adminsitrasi perpajakan yang bertujuan untuk menyempurnakan sistem administrasi dan kinerja sumber daya manusia sehingga akan meningkatkan kualitas pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada Wajib Pajak dengan tujuan memotivasi Wajib Pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modernisasi administrasi perpajakan terhadap kualitas pelayanan dan implikasinya pada motivasi Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan di KPP Pratama Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan bersumber dari data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder yang diperoleh melalui data internal dari KPP Pratama Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Tulungagung. Sampel yang diolah sebanyak 79 responden dengan menggunakan teknik accidental. Metode analisis menggunakan path, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa variabel modernisasi administrasi perpajakan berpengaruh siginifikan dan positif terhadap kualitas pelayanan dan motivasi Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiba perpajakan, tetapi variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap motivasi Wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan kontribusi modernisasi administrasi perpajakan dan kualitas pelayanan terhadap motivasi Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan sebesar 37,2% dan sisanya sebesar 62,8% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Rekomendasi untuk Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tulungagung agar dapat mengoptimalkan server website sehingga gangguan dalam mengakses pelayanan onlinenya dapat berkurang serta menambah fasilitas dan aparat pajaknya agar pelayanan dapat dilakukan lebih cepat dan mudah bagi Wajib Pajak.

English Abstract

Implementation of modernization of tax administration is a process of renewal in taxation administration which aims to improve the administrative system and human resource performance so that will improve the quality of service that can provide satisfaction to Taxpayers with the aim of motivating Taxpayers to meet their tax obligatory. This study aims to determine the effect of modernization tax administration of service quality and implication on the motivation of Taxpayers in fulfilling tax obligatory in KPP Pratama Tulungagung. The type of this research is explanatory research with quantitative approach. The data used comes from the primary data obtained through questionnaires and secondary data obtained through internal data from KPP Pratama Tulungagung. Population in this research is Individual Taxpayer registered in KPP Pratama Tulungagung. The sample is 79 respondents by using accidental technique. The analytical method uses paths, descriptive statistics and inferential statistics. Based on t test result, it can be concluded that the variables of modernization of tax administration have a significant and positive effect on service quality and taxpayer motivation in fulfilling the tax obligatory, but the service quality variable does not affect the taxpayer's motivation in fulfilling the tax obligatory. The result of determination coefficient test shows the contribution of modernization of tax administration and service quality to Taxpayers motivation in fulfilling tax obligatory equal to 37,2% and balance 62,8% is contribution of other variable not discussed in this research. Recommendations for Tax Office Pratama Tulungagung in order to optimize the website server so that interference in accessing its online services can be reduced and increase the facilities and tax officials so that services can be done more quickly and easily for the Taxpayer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/389/051806204
Uncontrolled Keywords: Modernisasi Administrasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Motivasi Wajib Pajak. Tax Administration Modernization, Service Quality, Taxpayer Motivation.
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Aug 2019 01:32
Last Modified: 16 Oct 2021 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165924
[thumbnail of Ani Kristiyaningsih.pdf]
Preview
Text
Ani Kristiyaningsih.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item