Wati, Riska Kurnia (2018) Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Wajib Pajak Pada E-Billing Berdasarkan Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Di Kabupaten Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
E-Billing merupakan sistem pembayaran pajak secara elektronik yang menggunakan kode billing. E-Billing telah ditetapkan sebagai satu-satunya cara untuk membayar pajak per tanggal 1 Juli 2016. Namun, penerapan e-Billing ini masih memiliki beberapa kendala dan masalah error yang menyebabkan Wajib Pajak kurang puas pada e-Billing. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kepuasan Wajib Pajak. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor yang memengaruhi kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi pada e-Billing berdasarkan kualitas pelayanan dan teori kepercayaan di Kabupaten Gresik.Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Variabel Kepercayaan Pada Pemerintah, Kepercayaan Pada Teknologi, Kepercayaan Wajib Pajak Pada eBilling, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Wajib Pajak Pada e-Billing. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah eksplanatory dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak yang ada di Kabupaten Gresik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan cara penyebaran kuesioner kepada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak di Kabupaten Gresik yang pernah menggunakan e-Billing dan memperoleh responden sebanyak 150 responden yang pernah menggunakan e-Billing. Alat analisis yang digunakan adalah SmartPLS 2.0 untuk menguji data penelitian. Hasil penelitian ini adalah Variabel Kepercayaan Pada Pemerintah berpengaruh terhadap Kepercayaan Wajib Pajak Pada e-Billing. Variabel Kepercayaan Pada Teknologi berpengaruh terhadap Kepercayaan Wajib Pajak Pada e-Billing. Variabel Kepercayaan Wajib Pajak Pada e-Billing berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan. Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada e-Billing
English Abstract
E-Billing is an electronic tax payment system that used billing code. EBilling had been decided as the only way to pay taxes as of July 1, 2016. However, the implementation of e-Billing still has constraints and error problems, it cause Taxpayers are not satisfied with e-Billing. This becomes one of the factors that affect taxpayers' satisfaction. Therefore, this research is important to do. The objective of this research is to determineand explain the factor that influence individual taxpayer satisfaction of e-Billing based on service quality and trust theory in Gresik Regency. The variables used in this research are Trust In Government, Trust In Technology, Taxpayer Trust On e-Billing, Service Quality, and Taxpayer Satisfaction On e-Billing. The type of this research is quantitative explanatory.This research done at Tax Office in Gresik. The method used to collecting data is distributing questionnaires to Individual Taxpayers at Tax Office in Gresik who have used e-Billing. The research obtained 150 respondents who have used e-Billing. Analytical tool used to examine the data in this research is by using SmartPLS 2.0. The result of this research states that Trust In Government is affecting Taxpayer Trust On e-Billing. Trust In Technology affect Taxpayer Trust On eBilling. Taxpayer Trust On e-Billing is affecting Service Quality. And Service Quality affect Taxpayer Satisfaction On e-Billing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/329/051804870 |
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan Pada Pemerintah, Kepercayaan Pada Teknologi, Kepercayaan Wajib Pajak Pada e-Billing, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Wajib Pajak Pada e-Billing., Trust In Government, Trust In Technology, Taxpayer Trust On eBilling, Service Quality, and Taxpayer Satisfaction On e-Billing |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 07:32 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 01:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165923 |
Preview |
Text
Riska Kurnia Wati.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |