Arrijal, Khoiru (2018) Perancangan Strategi Pengembangan Usaha Melalui Pendekatan SWOT dan QSPM (Studi Kasus Pada CV. Brawijaya Dairy Industry, Junrejo, Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
CV. Brawijaya Dairy Industry merupakan salah satu UKM di Kota Batu yang merupakan produsen olahan yoghurt. Produk yang dihasilkan dengan bahan dasar yoghurt ini adalah yoghurt drink. Kekurangan dari produk ini adalah konsep yang ditawarkan masih belum diimbangi dengan kegiatan pemasaran yang maksimal. Selain itu, ketergantungan produksi pada jumlah pesanan mengakibatkan perusahaan masih belum dapat berkembang secara maksimal. Perusahaan saat ini juga sedang mencoba melakukan ekspansi pasar ke luar daerah Malang Raya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan alternatif strategi yang tepat bagi CV. Brawijaya Dairy Industry menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) untuk menentukan posisi perusahaan dan menentukan alternatif strategi yang paling tepat dalam pengembangan perusahaan dengan menggunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Metode yang digunakan dalam perencanaan strategi ini adalah analisis matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE), analisis matriks internal-eksternal (IE), analisis matriks SWOT, dan tahap terakhir adalah menentukan alternative strategi yang dipilih dengan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks). Penelitian ini menggunakan beberapa responden ahli yang juga manajemen dari CV. Brawijaya Dairy Industry dan responden ahli dari akademisi. Uji validitas pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan face validity. xvi Hasil analisis yang dilakukan pada lingkungan internal dan eksternal CV. Brawijaya Diary Industry menghasilkan nilai IFE (Internal Factor Evaluation) sebesar 3,354 dan nilai EFE (External Factor Evaluation) sebesar 2,196. Terdapat 8 alternatif strategi yang dihasilkan, yaitu peningkatan penjualan dengan pengembangan varian produk yoghurt drink, peningkatan kualitas produk, penggunaan peralatan atau teknologi tepat guna untuk peningkatan kualitas, meningkatkan promosi dengan mengoptimalkan media pemasaran on line, peningkatan daya saing dengan kualitas produk dan pelayanan, peningkatan kualitas sumber daya manusia guna menghadapi persaingan yang semakin ketat, memperluas wilayah pemasaran dengan kerjasama distributor, optimasi bahan baku serta minimasi biaya produksi. Hasil kuesioner QSPM menunjukkan bahwa nilai tertinggi dari TAS (Total Attractiveness Score) adalah pada strategi memperluas wilayah pemasaran dengan kerjasama distributor (6.665).
English Abstract
CV. Brawijaya Dairy Industry is one of SMEs in Batu City which is a processed manufacturer of yoghurt. Products produced with the basic ingredients of this yogurt is yogurt drink. Disadvantages of this product is the concept offered is still not balanced with the maximum marketing activities. In addition, the dependence of production on the number of orders resulted in the company still can not develop optimally. The company is also currently trying to expand its market out of Malang. The purpose of this research is to formulate appropriate strategy alternative for CV. Brawijaya Dairy Industry uses SWOT analysis (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) to determine the company's position and determine the most appropriate strategic alternative in enterprise development using QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). The method used in this strategy planning is the analysis of Internal Factor Evaluation (IFE) and External Factor Evaluation (EFE) matrix, internal-external matrix analysis (IE), SWOT matrix analysis, and the last step is to determine the chosen strategy alternative with QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). This research uses some of the expert respondents who are also the management of CV. Brawijaya Dairy Industry and expert respondents from academia. Validity test in this research is done by using face validity. xviii Results of analysis performed on internal and external environment CV. Brawijaya Diary Industry produces IFE (Internal Factor Evaluation) of 3.354 and EFE (External Factor Evaluation) of 2,196. There are 8 alternative strategies that are produced, namely the increase of sales with the development of variant of yoghurt drink product, product quality improvement, the use of equipment or appropriate technology to improve the quality, increase promotion by optimizing online marketing media, increasing competitiveness with product and service quality, quality of human resources to face the increasingly tight competition, expand the marketing area with the cooperation of distributors, raw material optimization and production cost minimization. The QSPM questionnaire results show that the highest value of TAS (Total Attractiveness Score) is on the strategy of expanding marketing area with distributor cooperation (6,665).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2018/203/051805350 |
Uncontrolled Keywords: | Yoghurt Drink. Strategi, Analisis SWOT, QSPM / Yogurt Drink. Strategy, SWOT Analysis, QSPM |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.02 Management of enterprises of specific sizes and scope / Corporate governance > 658.022 Small enterprises |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 07:04 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 08:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165917 |
![]() |
Text
Khoiru Arrijal.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |