Wicaksono, Ismail Priyo (2018) Studi Strategi Komunikasi Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Batu Dalam Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Strategi komunikasi politik adalah seluruh keputusan kondisional tentang tindakan yang akan dijalankan saat ini, guna mencapai tujuan politik pada masa depan. Komunikasi dapat berbentuk pemberian informasi dari penguasa politik kepada warga negara ataupun aduan atau aspirasi oleh rakyat ke penguassa. Kekuasaan adalah sumber dari politik, dan pelaksanaan politik yang efektif berawal dari komunikasi politik. Komunikasi politik yang disusun melalui strategi tertentu dibutuhkan oleh partai politik untuk menduduki kekuasaan melalui cara meyakinkan masyarakat bahwa partai politik dapat menjadi saluran aspirasi politik bagi masyarakat. Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Batu, sedangkan situsnya berada di Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Batu. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Hasil analisa dan pembahasan data yang diperoleh dari hasil penelitian dan observasi penelitian terkait strategi komunikasi politik PDIP Kota Batu pada pemenangan Pilkada Kota Batu 2017 dilakukan dengan beberapa bentuk, yaitu: (1) Pemanfaatan bentuk citra politik Kota Wisata Batu yang sebelumnya dipimpin kader partai; (2) Pemanfaatan peran media dan instrumen hubungan masyarakat; (3) Pemanfaat metode blusukan yang digunakan sebelum dan sesudah masa penetapan calon untuk mempertahankan; (4) Membangun relasi dengan partai politik lain untuk memperluas dukungan; (5) Merawat aktivis dan relawan untuk bekerja sama demi satu kepentingan; (6) Strategi ditujukan mulai dari masyarakat pedesaan hingga perkotaan. Selain itu, selama strategi komunikasi politik berjalan, terdapat pula faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi berjalannya strategi, yaitu : (1) Hubungan kelembagaan partai yang kuat dari hierarki tertinggi hingga terendah; (2) Kuantias yang cukup namun memiliki catatan negatif pada sebagian aktivis dan simpatisan partai; (3) Dukungan dana yang mencukupi dari pasangan calon; (4) Kapabilitas Tim Pemenangan dapat memenuhi harapan partai dalam memenuhi sasaran kemenangan; (5) Isu Dinasti yang berkembang menjadi faktor penghalang untuk meyakinkan pemilih; (6) Basis massa lawan di suatu daerah menjadi bagian kesulitan saat memperluas dukungan pemilih. Strategi komunikasi politik yang dijalankan dapat dikatakan berhasil mengingat tercapainya tujuan kemenangan bagi calon yang diusung serta sasaran raihan persentase kemenanga
English Abstract
Political communication strategy is all conditional decision from action to run at this time, to achieve politic purpose in the future. politic communication is has a political element in the implementation. Communication can take form of giving the information from political rulers to citizens, complaints or aspirations by people to the ruler. Power is source from politic, and Effective political implementation begins with political communication. Political communication developed through specific strategies is required by political parties to assert power by convincing people that political parties can become channels of political aspiration for society. This research metode uses descriptive research type with qualitative approach located in Batu City, meanwhile, the site is in the Board Branch of the Indonesian Democratic Party of Strugle in Batu City. Primary data sources were obtained from interviews with related informants, while the secondary data is obtained from documents relating to the research topic. Data collection techniques through observation, interview, and documentation. The research instrument is the researcher himself, and some supporting tools such as interview guides, and other aids. The results of analysis and discussion data obtained from research result and observation of research related political communication strategy PDIP Batu City on the winning of local leaders election in Batu City of 2017 done, i.e: (1) Utilization of political image form Batu Tourism City previously led by party cadres; (2) Utilization of media roles and public relations instruments; (3) Utilization method “blusukan” that used before and after period of determination of the candidate to defend; (4) Building relationships with other political parties to expand support; (5) Caring for activists and volunteers to work together for an interest; (6) The strategy is aimed from rural to urban communities. In addition, as long as the political communication strategy runs, there are also operational factors and human factors that influence to running of the strategy, i.e : (1) Strong party institutional relationships from the highest to the lowest hierarchy; (2) Quantity is sufficient but has a negative record on some activists and sympathizers of the party; (3) Adequate funding support from candidate pairs; (4) Winning Team Capabilities can meet the party's expectations in meeting the victory targets; (5) The issue of dynasties that developed into a factor of censure to convince voters; (6) The opponent's mass base in an area becomes part of the difficulty of extending voters support. The strategy of political communications that is executed can be said to succed in considering the achievment of the victory goal for the candidate and the winning percentage goa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/658/051808678 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Politik, Partai Politik, Pilkada, Political Communication Strategy, Political Party Local Election |
Subjects: | 300 Social sciences > 324 The political process > 324.7 Conduct of election campaigns > 324.73 Use and effect of media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 21 May 2019 01:30 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165875 |
Preview |
Text
ISMAIL PRIYO WICAKSONO.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |