Pemberdayaan Industri Kecil dan Menengah (Studi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Mojokerto)

Hikmah, Cicik Mamlu’ul (2018) Pemberdayaan Industri Kecil dan Menengah (Studi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini peneliti membahas tentang pemberdayaan Industri Kecil Dan Menengah (IKM) alas kaki dalam rangka mengurangi pengangguran. Industri kecil dan menengah alas kaki merupakan salah satu sektor informal yang dapat memberikan kontribusi terhadap perluasan kesempatan kerja baik dengan menciptakan wirausaha baru di sektor industri alas kaki maupun membuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Mojokerto, sedangkan situsnya berada di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Mojokerto dan di home industri kerajinan alas kaki di Prajuritkulon Kota Mojokerto. Fokus pertama dari penelitian ini adalah tentang Pemberdayaan industri kecil dan menengah alas kaki. Fokus yang kedua mengenai kendala yang dihadapi dalam pemberdayaan industri kecil dan menengah alas kaki. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 2017 Kota Mojokerto masih dibelit dengan masalah pengangguran terutama di kalangan lulusan Sekolah menengah ke atas karena kualitas sumber daya manusia yang tersedia saat ini di Kota Mojokerto tidak dapat memenuhi lowongan pekerjaan di sektor formal. Sehingga untuk dapat mengurangi pengangguran di Kota maka industri kecil dan menengah alas kaki harus terus diberdayakan. Pemberdayaan yang dilakukan yakni dengan penciptaan iklim usaha yang kondusif, pelatihan, bantuan permodalan, dan mengembangkan promosi. Kendala yang dihadapi dalam memberdayakan industri alas kaki adalah kekurangan modal, keterbatasan untuk mendapatkan teknologi yang canggih, kesulitan dalam memasarkan produk alas kaki, dan kesulitan untuk membayar pekerja karena pendapatan dan pangsa pasar yang tidak menentu. Dalam penelitian ini peneliti mengajukan rekomondasi yakni untuk dapat memberdayakan industri kecil dan menengah alas kaki di Kota Mojokerto maka Dinas Perindustrian dan Perdagangan sebagai fasilitator dapat memberikan bantuan permodalan dengan sistem dan manajemen kuangan yang baik, dan menyediakan sarana yang mendukung untuk mengembangakan promosi produk alas kaki.

English Abstract

In this thesis researcher discuss about the empowerment of Small and Medium Industries (SMIs) footwear in order to reduce unemployment. Small and medium footwear industry is one of the informal sectors that can contribute to increase employment opportunities by creating new entrepreneurs in the footwear industry sector as well as opening job vacancies for surrounding communities. This research using descriptive method with qualitative approach which is located in Mojokerto City, while its website is located at Department of Industry and Commerce of Mojokerto City and home industry of footwear which is located in Prajuritkulon Kota Mojokerto. The first focus of this research is on empowering small and medium footwear industries. A second focus on the obstacles in empowering small and medium footwear industries. From the results of this study indicate that in 2017 the city of Mojokerto still complicated with unemployment problems, especially among high school graduates becaused the quality of human resources available today in the city of Mojokerto can’t meet the workplace in the formal sector. So the way to reduce unemployment problems in Mojokerto City is empowered the small and medium footwear industry and it should continued. The empowerment is done with the creation of a conducive business climate, training, capital assistance, and developing promotions. The obstacles faced in empowering the footwear industry are lack of capital, limitations to sophisticated technology, difficulties in marketing footwear products, and difficulties to pay workers due to uncertain income and market share. In this research, the researcher proposed to empower the small and medium footwear industry in Mojokerto City, Department of Industry and Commerce as facilitator can provide capital assistance with a good system and financial management and provide a supportive means to develop the promotion of footwear products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/540/051807734
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Industri Kecil dan Menengah, Pengangguran-Empowerment, Small and Medium Industry, Unemployment.
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Oct 2019 07:20
Last Modified: 25 Oct 2021 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165865
[thumbnail of Cicik Mamlu’ul Hikmah.pdf]
Preview
Text
Cicik Mamlu’ul Hikmah.pdf

Download (29MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item