Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Pengguna Program Mobil Pelayanan PBB-P2 Keliling di Kota Batu)

Tofa, Merista Mazayas (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Pengguna Program Mobil Pelayanan PBB-P2 Keliling di Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Keandalan (X1), Daya Tanggap (X2), Jaminan (X3), Empati (X4), Bukti Fisik (X5) dan Kepatuhan Wajib Pajak PBB-P2 (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak PBB-P2 yang terdaftar pada BKD Kota Batu dan menggunakan layanan dari Program Mobil Pelayanan PBB-P2 Keliling. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, diperoleh dari perhitungan menggunakan rumus dari Rao Purba. Data diperoleh secara langsung dari responden dengan instrument penelitian menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yang diolah menggunakan SPSS 23 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Keandalan (X1), Daya Tanggap (X2) dan Empati (X4) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak PBB-P2 (Y); Jaminan (X3) dan Bukti Fisik (X5) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak PBB-P2 (Y). Sedangkan Keandalan (X1), Daya Tanggap (X2), Jaminan (X3), Empati (X4) dan Bukti Fisik (X5) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak PBBP2 (Y). Hasil total R2 sebesar 17,5% mengindikasikan bahwa dalam model hipotesis penelitian ini, variabel independent dapat mempengaruhi variabel dependent sebesar 17,5%, sedangkan sebesar 82,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

English Abstract

This study aims to determine and explain the effect of service quality in taxpayer compliance. The type of this research is explanatory research with quantitive approach. The variables in this study include Reliability (X1), Responsiveness (X2), Assurance (X3), Empathy (X4), Tangibles (X5) and Taxpayer Compliance PBB-P2 (Y). The Population in this research is all taxpayer registered in the BKD Batu City and use Car Service Roving Program of PBB-P2. The sampels are used 100 respondents, obtained from carculation using Rao Purba formula. The data obtained from respondents directly with research instruments that using questionnaires. The analysis used descriptive analysis and inferential analysis which was processed by using SPSS 23 for windows. The result of the analysis show that: Reliability (X1), Responsiveness (X2) and Empathy (X4) partialy has no significant effect in Taxpayer Compliance of PBB-P2 (Y); Assurance (X3) and Tangibles (X5) partialy has significant effect in Taxpayer Compliance of PBB-P2 (Y). While Reliability (X1), Responsiveness (X2), Assurance (X3), Empathy (X4), Tangibles (X5) simultaneously has significant effect in Taxpayer Compliance of PBB-P2 (Y). The result of total R2 17,5% indicates that in this hypothetical model, independent variables can influence dependent variable 17%, while 82,5% is influence by other factors that is not explain in this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/700/051808877
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Program Mobil PBB-P2 Keliling, Kepatuhan Wajib Pajak.-Service Quality, Car Service Roving Program of PBB-P2, Taxpayer Compliance.
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:47
Last Modified: 25 Oct 2021 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165852
[thumbnail of Merista Mazayas Tofa.pdf]
Preview
Text
Merista Mazayas Tofa.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item