Putra, Dzaky Aldo (2018) Analisis City Branding “The Heart of East Java” Pada Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Survey Pada Wisatawan yang Berkunjung ke Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan pengembangaan industri pariwisata adalah meningkatkan devisa negara. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan industri pariwisata guna meningkatkan devisa negara, salah satunya adalah Branding. Branding dalam industri pariwisata dapat diaplikasikan kepada sebuah kota dalam bentuk city branding. Tujuan pembuatan city branding adalah menarik minat wisatawan sehingga memutuskan untuk berkunjung. Beberapa daerah di Indonesia telah menerapkan city branding sebagai strategi untuk mendatangkan wisatawan. Salah satu daerah yang sudah menerapkan city branding untuk mendatangkan wisatawan adalah Kabupaten Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari city branding terhadap minat berkunjung, pengaruh city branding terhadap keputusan berkunjung, dan pengaruh minat berkunjung terhadap keputusan berkunjung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Malang sebanyak 113 responden yang didapatkan dengan menggunakan penentuan sampel purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik, baik deskriptif maupun path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa city branding berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung dan keputusan berkunjung. Minat berkunjung berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Hasil penelitian ini juga menjelaskan jika city branding memiliki pengaruh lebih besar terhadap keputusan berkunjung dengan melalui minat berkunjung dibandingkan pengaruh langsung city branding terhadap keputusan berkunjung.
English Abstract
The purpose of the tourism industry development is to incrase the country’s foreign exchange. There are several ways that can be done to develop the tourism industry to incrase foreign exchange, one of them is Branding. Branding in the tourism indsutry can be applied to a city in the form of city branding. The purpose of making city branding is to attract tourists so they decided to visit. Some city in Indonesia has implemented city branding as a strategy to bring tourists. One city that has applied city branding to bring tourists is Malang Regency. This research aims to determine the impact of city branding on interest of visit, the impact of city branding on decision of visit, and the impact of visiting interest in visiting decisions. The research type is explanatory research with quantitative methods. The sample in this research were tourists who visited Malang Regency as many as 113 respondents obtained by using purposive sampling. Data Analysis techniques in this research using statistics, descriptive and path analysis. The results of this research indicated that the city branding has a significant effect on the interests and decision to visit. Interest of visit has a significant effect on the decision of visit. The results of this research also explained if the city branding has a greater impact on the decision to visit through of the interest of visit compared to the direct impact of city branding on the decision to visit.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/775/051809376 |
Uncontrolled Keywords: | City Branding, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung-City Branding, Visiting Interest, Visiting Decision |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 02:23 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 05:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165827 |
Preview |
Text
Dzaky Aldo Putra.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |