Analisis Strategi Promosi dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisata di Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu

Suliyanto, Abdiel Remalya (2018) Analisis Strategi Promosi dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisata di Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri pariwisata saat ini memiliki pengaruh yang cukup signifikan bagi pendapatan devisa dari suatu negara, tidak terkecuali Indonesia. Indonesia berusaha untuk memanfaatkan dan mengelola industri pariwisata ini dengan sebaik baiknya agar setiap daerah yang ada di Indonesia dapat secara mandiri memanfaatkan dan mengelola pariwisata yang ada di daerahnya masing masing dan memberi dampak yang positif bagi daerah tersebut. Kota Wisata Batu adalah salah satu daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur yang fokus terhadap pengembangan wisata, khususnya melalui ruang terbuka hijau. Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu adalah salah satu ruang terbuka hijau yang masih sepi kunjungannya dikarenakan kurangnya promosi tentang keberadaan Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu ini, sehingga peneliti mengangkat judul “Analisis Strategi Promosi dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisata di Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu”. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan analisis reduksi data, model data (data display) dan penarikan atau verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian didapat bahwa strategi promosi Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata adalah: 1. Periklanan (Advertising) 2. Promosi Penjualan (Sales Promotion) 3. Personal Selling 4. Hubungan Masyarakat (Public Relation) 5. Word of Mouth Marketing (WoMM) 6. Pemasaran Langsung (Direct Marketing). Terdapat faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi promosi Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata yang berasal dari internal maupun eksternal. Berdasarkan uraian di atas peneliti menyarankan agar baik dari pihak wisatawan, stake holder, dan pengelola Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu lebih terlibat secara aktif dalam strategi promosi Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu agar pada waktu yang akan datang Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu tidak menjadi sepi lagi.

English Abstract

The tourism industry currently has a significant influence on foreign exchange earnings not a country, including Indonesia. Indonesia seeks to utilize and manage the tourism industry as well as possible so that every region in Indonesia can independently utilize and manage the existing tourism and have a positive impact for the region. Batu it self Tourism City is one of the areas in East Java Province that focuses on tourism development, especially through green open space. The City Forest Park (Taman Bondas) Batu is one of the green open spaces in Batu Tourism City which is still deserted due to lack of promotion is existence, so the researcher raises the title " Strategy Analysis of Promotion in Efforts to Increase Tourist Visits in the City Forest Park (Taman Bondas) Batu ". This research used descriptive method with qualitative approach with data reduction analysis, data model (data display) and withdrawal or verification conclusion. The result of the research showed that the promotion strategies of City Forest Park (Taman Bondas) Batu in an effort to increase tourist visit are: 1. Advertising 2. Sales Promotion 3. Personal Selling 4. Public Relation 5. Word of Mouth Marketing (WoMM) 6. Direct Marketing. There are factors that support and inhibit the strategy of City Forest Park promotion (Taman Bondas) Batu on its effort to increase tourist visits which coming from internal or external. Based on above descriptions, the researcher suggests the tourists, stake holders, and managers of City Forest Park (Taman Bondas) Batu to be more actively involved in the promotion strategy of City Forest Park (Taman Bondas) Batu, so in the future this place can be expected to be more vibrant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/790/051809457
Uncontrolled Keywords: strategi promosi, taman hutan kota-promotion strategy, city forest park
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Jun 2019 02:34
Last Modified: 23 Oct 2021 06:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165795
[thumbnail of Abdiel Remalya Suliyanto.pdf]
Preview
Text
Abdiel Remalya Suliyanto.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item