Strategi Koperasi Serba Usaha Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggotanya (Studi Pada KPRI Dwija Sejahtera, Kecamatan Sidoarjo)

Mardiana, Elisa Silva (2018) Strategi Koperasi Serba Usaha Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggotanya (Studi Pada KPRI Dwija Sejahtera, Kecamatan Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Dwija Sejahtera merupakan koperasi yang beranggotakan guru-guru sekolah dasar yang ada di daerah kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Dengan ditingkatkannya pelayanan terhadap guru-guru sekolah dasar yang tergabung sebagai anggota koperasi, diharapkan akan menumbuhkan kredibilitas lembaga koperasi sebagai pelayan guru di bidang keuangan serta dapat meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan dari para guru sekolah dasar. Selain itu, dalam menjalankan kegiatan perkoperasian tentu dibutuhkan kegiatan administrasi dan strategi yang tepat didalam mengelola setiap sumber-sumber yang dapat dijadikan penunjang dari kegiatan koperasi. JENI yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana. Penelitian dilakukan dengan melakukan Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh KPRI Dwija Sejahtera dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggotanya yakni dengan melakukan 1)reformasi kelembagaan yang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali dimana tidak hanya stuktur organisasi melainkan juga adanya pergantian pengurus serta perubahan pada (AD/RT) KPRI Dwija Sejahtera, 2)pengembangan sumberdaya manusia, dengan melibatkan seluruh sumberdaya yang ada seperti dengan melibatkan pengurus koperasi hingga pegawai koperasi 3)Diversifikasi unit usaha dilakukan dengan KPRI Dwija yakni dengan mengembangkan usaha pertokoan milik KPRI Dwija Sejahtera serta, usaha warung internet (warnet) Foto Copy dll. 4)Penguatan partisipasi Anggota dilakukan dengan pemberian pemahaman serta selalu mengedepankan pengelolaan koperasi secara transparan, jujur, dan terbuka. 5)begitu juga dengan Tingkat pendapatan anggota KPRI Dwija Sejahtera bersumber dari gaji guru maupun SHU, para anggota dapat memanfaatkan keberadaan setiap unit usaha milik KPRI Dwija Sejahtera 6)Faktor yang menghambat pengelolaan KPRI Dwija Sejahtera dalam meningkatkan kesejahteraan yakni masih adanya kredit macet yang dilakukan oleh beberapa anggota sehingga berpengaruh terhadap kestablian modal KPRI Dwija Sejahtera serta masih rendahnya sumber daya pegawai yang belum menguasai penggunaan teknologi Komputer. Mengacu pada hasil analisis tersebut terdapat 3 saran yaitu 1) Sebaiknya perlu dilakukan evaluasi yang rutin terhadap kegiatan peningkatkan kualitas SDM dengan melibatkan semua unsur dalam KPRI Dwija Sejahtera. 2) Sebaiknya materi didalam kegiatan pembinaan dan pelatihan, tidak hanya memfokuskan pada kegiatan ekonomi saja melainkan juga harus diberikan pengetahuan tambahan dan materi mengenai organisasi, adminstrasi, serta teknik pengambilan keputusan. 3) Pihak manajemen koperasi harus tetap melaksanakan sistem dan prosedur kredit yang telah ditetapkan sehingga tingkat penyimpangan kredit dapat diminimalkan.

English Abstract

Cooperative Employees of the Republic of Indonesia (KPRI) Dwija Sejahtera is a cooperative consisting of elementary school teachers in the district of Sidoarjo, Sidoarjo regency. With the improvement of services to elementary school teachers who joined as members of the cooperative, is expected to foster the credibility of cooperative institutions as a teacher service in the field of finance and can improve the welfare and income of elementary school teachers. In addition, in running the activities of cooperatives would require administrative activities and appropriate strategies in managing any sources that can be used as support of cooperative activities. The research method used is descriptive research with qualitative approach. Techniques of collecting data through interviews, observation and documentation. Data analysis used is interactive data model analysis from Miles, Huberman and Saldana. The research was conducted by conducting Interview, Observation and Documentation. The results of this study indicate that the strategy undertaken by KPRI Dwija Sejahtera in improving the welfare of its members is by doing 1) institutional reform that is held every 3 years where not only the organizational structure but also the change of board and changes in the articles of association of households KPRI Dwija Sejahtera, 2)human resource development, involving all existing resources such as by involving cooperative management to cooperative employees 3) Diversification of business unit is done by KPRI Dwija by developing shop business owned by KPRI Dwija Sejahtera as well as, internet cafe business (warnet) Photo Copy and others. 4) Strengthening Member's participation is done by providing understanding and always prioritizing the management of cooperatives in a transparent, honest, and open. 5) as well as the income level of KPRI Dwija Sejahtera members from the salary of teachers and the remaining results of operations, members can take advantage of the existence of each business unit owned by KPRI Dwija Sejahtera 6) The inhibiting factor of KPRI Dwija Sejahtera management in improving the welfare is the existence of non-performing loans made by some members so that it affects the capital stability of KPRI Dwija Sejahtera and the still low employee resources that have not mastered the use of computer technology. Referring to the results of the analysis there are 3 suggestions that are 1) It should be done regular evaluation of the activities of improving the quality of human resources by involving all elements in KPRI Dwija Sejahtera. 2) It is recommended that the materials in the training and development activities not only focus on economic activities but also should be given additional knowledge and materials about the organization, administration, and decision-making techniques. 3) The management of the cooperative must continue to implement the system and credit procedures that have been set so that the level of credit irregularities can be minimized.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/733/051809008
Uncontrolled Keywords: Strategi, Koperasi, Kesejahteraan Anggota Strategy, Cooperation, Member Welfare
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.04 Management of enterprises of specific forms > 658.047 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Jun 2019 07:38
Last Modified: 06 Jan 2021 04:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165787
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item