Analisis Penerapan Kenaikan Tarif Pajak Reklame dan Dampaknya terhadap Penerimaan Pajak Daerah di Kota Malang (studi pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang)

Maharani, Dinda Utari (2018) Analisis Penerapan Kenaikan Tarif Pajak Reklame dan Dampaknya terhadap Penerimaan Pajak Daerah di Kota Malang (studi pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui penerapan kebijakan pemerintah berupa kenaikan tarif pajak reklame, hambatan-hambatan yang dialami dan dampak kenaikan tarif pajak reklame terhadap penerimaan pajak daerah di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendapatan Kota Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kenaikan tarif pajak reklame yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan daerah Kota Malang melawati tiga tahapan sebelum dilakukan penerapan. Hal ini sesuai dengan tahapan kebijakan public menurut Dunn yaitu tahap penyusunan agenda, tahap formulasi kebijakan, dan tahap adopsi kebijakan. Penerapan kenaikan tarif pajak reklame, selama masa awal penerapannya mengalami beberapa kendala. Kendala penerapan kenaikan tarif pajak reklame tersebut diantaranya adalah masih adanya wajib pajak yang belum mengetahui peraturan kenaikan tarif reklame dan wajib pajak yang merasa keberatan dengan kenaikan tarif pajak reklame. Dampak kenaikan tarif pajak reklame terhadap penerimaan pajak daerah dapat dari penerimaan pajak reklame tahun 2014 meningkat drastis dari tahun 2013. Hal ini berbanding terbalik dengan jumlah wajib pajak reklame yang menurun drastis dari tahun sebelum kenaikan tarif sebagai salah satu tujuan dari Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang untuk mengurangi reklame yang terpasang di Kota Malang demi estetika kota.

English Abstract

The purpose of this research is to know the implementation of government policy in the form of the increase of advertisement tax rate, the constraints experienced and the impact of the increase of advertisement tax rate to the local tax revenue in Malang. This research uses qualitative approach with descriptive research type. This research was conducted in Dinas Pendapatan Kota Malang. The results of this study indicate that the implementation of the increase in tax rate advertisement made by the Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang passes three stages before the implementation. This is in accordance with Dunn's public policy stages of the agenda setting stage, the policy formulation phase, and the policy adoption phase. Implementation of the increase in advertisement tax rate, during the initial period of its implementation experienced several obstacles. Constraints in the implementation of the increase in tax rates such bill is still the existence of taxpayers who do not know the rules of the increase in advertisement rates and taxpayers who feel objected to the increase in tax rates billboards. The impact of the increase of advertisement tax rate on local tax revenues can be from the advertisement tax bill of 2014 increased drastically from the year 2013. This is inversely proportional to the number of taxpayers bill drastically decreased from the year before tariff increase as one of the objectives of the Regional Revenue Office of Malang to reduce the billboard installed in the city of Malang for the aesthetics of the city.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/420/051806428
Uncontrolled Keywords: pajak, reklame, penerapan, dampak,pajak daerah tax, advertisement, implementation, impact, local tax
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.201 Taxes by governmental level > 336.201 4 Local taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:04
Last Modified: 28 Dec 2020 05:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165751
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item