Implementasi Peraturan Walikota Malang Nomor 27 Tahun 2015 Tentang Penataan Reklame (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Malang)

Siboro, Rio Alansa Putra (2018) Implementasi Peraturan Walikota Malang Nomor 27 Tahun 2015 Tentang Penataan Reklame (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya masalah dalam penyelenggaraan reklame yang dialami seperti masalah perijinan, kelayakan maupun pemasangan sehingga merugikan dan merusak keindahan kota. Banyaknya penyelanggaraan reklame saat ini disebabkan perkembangan kota modern saat ini tidak bisa dipisahkan dari perkembangan sistem informasinya yang sudah banyak mengandalkan pengiklanan melalui reklame. Untuk itu Pemerintah Kota Malang membuat Peraturan tentang Penataan Reklame dalam Peraturan Walikota Malang Nomor 27 Tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah Pertama, peneliti ingin mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan penataan reklame. Kedua, untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi penataan reklame. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus peneliti adalah standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, komunikasi antar penguatan organisasi dan penguatan aktivitas, karakteristik agen pelaksana, kecenderungan (disposition) para pelaksana/implementator, lingkunan ekonomi, sosial dan politik, pendukung dan penghambat. Lokasi penelitian di Kota Malang dan situs penelitian di Dinas Penanaman Modal dan Perijina Terpadu Satu Pintu dan Satpol PP. Metode analisis yang digunakan adalah metode interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Dalam penelitian ini terdapat empat tahapan penelitian yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Implementasi Peraturan Penataan Reklame belum sepenuhnya mampu diimplementasikan dengan baik. Apabila dilihat dari beberapa aspek seperti standar dan sasaran kebijakan, komunikasi antar penguatan organisasi dan penguatan aktivitas, karakteristik agen pelaksana, kecenderungan (disposition) para pelaksana/implementator, lingkungan ekonomi, sosial dan politik sudah terlaksana dengan baik. Namun, jika dilihat dari aspek sumber daya khususnya sumber daya manusia masih ada kekurangan pada salah satu instansi yang terlibat. Faktor pendukung implementasi penataan reklame ini yaitu sudah memadainya fasilitas, informasi, anggaran, kerjasama dan adanya SOP. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran masyarakat dan staf di Satpol PP yang kurang. Saran terkait dengan implementasi penataan reklame ini yaitu meningkatkan intensitas sosialisasi, meningkatkan perekrutan petugas reklame, optimalisasi koordinasi, dana menerapkan sistem penghargaan dan hukuman.

English Abstract

This research was carried out on the basis of the many problems in the implementation of advertising experienced such as licensing, feasibility and installation issues that harmed and damaged the beauty of the city. The current number of billboards is due to the development of modern cities that cannot be separated from the development of their information systems that have relied heavily on advertising. For this reason, the City Government of Malang made a Regulation concerning the Advertising Arrangement in Malang Mayor Regulation Number 27 of 2015. The purpose of this study is First, researchers want to describe and analyze the implementation of the advertising structuring policy. Second, to describe and analyze the supporting and inhibiting factors in the implementation of advertising arrangement. This type of research used in writing this essay is a type of descriptive research with a qualitative approach. The focus of the researcher is the standards and objectives of policies, resources, communication between organizational strengthening and strengthening activities, characteristics of implementing agents, dispositions of implementers, economic, social and political environments, supporters and obstacles. Research locations in Malang City and research sites in the One Stop Investment and Investment Services and Satpol PP. The analytical method used is the interactive method of Miles, Huberman and Saldana. In this study there are four stages of research, namely data collection, data condensation, data presentation and conclusion drawing. The results of the study show that in the implementation of the advertising Regulations Regulation it has not been fully able to be implemented properly. When viewed from several aspects such as standards and policy objectives, communication between organizational strengthening and strengthening activities, characteristics of implementing agencies, dispositions of implementers, economic, social and political environments have been well implemented. However, if viewed from the aspect of resources, especially human resources, there is still a shortage in one of the agencies involved. Supporting factors for the implementation of this advertising arrangement are adequate facilities, information, budget, cooperation and the existence of SOPs. While the inhibiting factor is the lack of public awareness and staff in the civil service police unit. Suggestions related to the implementation of this billboard arrangement are increasing the intensity of socialization, increasing recruitment of Advertising officers, optimizing coordination, applying the system of rewards and punishments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1121/051900950
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Penataan Reklame, Kota Malang-Implementation, Advertising Arrangement, Malang City
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising > 659.13 Kinds of advertising and advertising in specific media > 659.134 Advertising by location of media > 659.134 2 Outdoor advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Apr 2019 01:52
Last Modified: 25 Oct 2021 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165731
[thumbnail of Rio Alansa Putra Siboro.pdf]
Preview
Text
Rio Alansa Putra Siboro.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item