Perilaku Pengguna dalam Penelusuran Informasi di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang

Fatmala, Rani Atika (2018) Perilaku Pengguna dalam Penelusuran Informasi di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan Perguruan tinggi tujuan utamanya memenuhi kebutuhan informasi guna menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada penelusuran informasi setiap pengguna memiliki perilaku yang berbeda-beda untuk mencapai kebutuhan informasinya. Perilaku pengguna dalam menelusur informasi perlu dikaji lebih dalam pada UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku pengguna dalam menelusur informasi dan faktor yang melatarbelakangi perilaku pengguna tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah pengguna dan pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah perilaku pengguna dalam menelusur informasi milik Ellis (2006) dan faktor yang melatarbelakangi perilaku pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap starting yang melatar belakangi pengguna dalam menelusur informasi yaitu kebutuhan informasi setiap pengguna, persiapan pengguna sebelum menelusur informasi rata-rata menyiapkan daftar buku yang akan dicari. Pada tahap chaining pengguna mengumpulkan pengetahuan yang dimilikinya dengan sumber informasi yang akan dicari dan ada pula pengguna yang menghubungkan satu sumber informasi dengan sumber informasi yang lain. Tahap browsing pengguna rata-rata menggunakan OPAC sebagai alat telusur, ada pula yang menggunakan internet, kata kunci yang digunakan pengguna dalam menelusur informasi adalah judul buku. Tahap differentiating pengguna memilah informasi melalui daftar isi pada buku. Tahap monitoring pada tahap ini kebanyakan pengguna yang sedang mengerjakan skripsi atau tugas akhir yang memantau informasi. Pada tahap extracting rata-rata pengguna menandai buku dengan cara melipat dan mencoret informasi pada salah satu halaman yang dibutuhkan. Faktor yang melatarbelakangi perilaku pengguna dalam menelusur informasi di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang adalah pengetahuan pengguna, pendidikan pemakai, dan pengalaman pengguna. Saran yang dapat diberikan yaitu meningkatkan pendidikan pemakai, meningkatkan pelatihan penelusuran, dan memberi arahan agar lebih mencintai buku.

English Abstract

The College Library is mainly to fulfil information needs supportingThree Pillars of Higher Education. Each user of library has different behavior to reach the information on their searching. This userbehavior is necessary tobe studied more deeplyin particularly in UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang to fulfil the information needs. The aims of this research are to find out and to describe user behavior in searching and the factors behind. This research used case study research and qualitative approach. The informants of this research were users and librarians in UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Data collecting stepwas conducted by observation, in-depth interview, and documentation. Focus of the research were user behavior in searching for information by Ellis (2006) and factor behind user behavior. Result of the research showed that in the starting stage, the information needs of users and user’s preparation motivated the behavior. In the chaining stage, some users collect their knowledge with the source of information to be searched, and there are also users who connected one source to another source. Browsing stage showed that users in average use OPAC as a search tool and internet, and keyword used by users was the title of books. In the differentiating stage, users sorted the information through table of content. In monitoring stage, users are mostly the students who work for their thesis or final project. In extracting stage, the average user marked the book by folding and giving note on the page needed. The factors behind the user's behavior in searching information in UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang are user knowledge, user education, and user experience. Suggestions that can be given areimproving user education, improving search training, and giving direction to love books more.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1132/051900961
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Penelusuran Informasi-behavior, information retrieval, perpustakaan PT
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 020 Library and information sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:03
Last Modified: 25 Oct 2021 04:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165728
[thumbnail of Rani Atika Fatmala.pdf]
Preview
Text
Rani Atika Fatmala.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item