Pengaruh Viral Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei Online pada Konsumen King Mango yang Merupakan Followers Aktif Akun Instagram @kingmangosurabaya)

Susilowati, Retno (2018) Pengaruh Viral Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei Online pada Konsumen King Mango yang Merupakan Followers Aktif Akun Instagram @kingmangosurabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pengaruh Viral Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen; (2) pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian; (3) pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan jenis metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 115 orang responden yang merupakan followers @kingmangosurabaya, berusia minimal 17 tahun, dan pernah membeli serta mengkonsumsi dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel Viral Marketing (X) berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen (Z), (2) variabel Viral Marketing (X) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian(Y), dan (3) variabel Kepercayaan Konsumen (Z) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian(Y).

English Abstract

This study aims to identify and explain: (1) the influence of Viral Marketing on Consumer Trust; (2) the influence of Viral Marketing on Purchase Decisions; (3) the effect of Consumer Trust on Purchase Decisions. This research used survey method type with a quantitative approach. The sample used in this study consist of 115 respondents who were @kingmangosurabaya followers, aged at least 17 years, and had bought and consumed using purposive sampling. Data collection method used in this research was questionnaires. Data analysis using descriptive analysis and path analysis. The results of the research showed that: (1) the Viral Marketing variable (X) have a significant effect on Consumer Trust (Z), (2) the Viral Marketing variable (X) have a significant effect on Purchasing Decisions (Y), and (3) the variable Consumer Trust ( Z) have a significant effect on Purchase Decisions (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1112/051900888
Uncontrolled Keywords: Viral Marketing, Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian-Viral Marketing, Consumer Trust, and Purchase Decision.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Sep 2019 06:55
Last Modified: 25 Oct 2021 04:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165672
[thumbnail of Retno susilowati.pdf]
Preview
Text
Retno susilowati.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item