Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017)

Putri, Syahla Dwinovita (2018) Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan mengingat intellectual capital merupakan sumber daya yang penting digunakan untuk menciptakan nilai tambah bagi perusahaan pada era knowledge based business. Investor akan memberikan penilaian yang lebih tinggi terhadap perusahaan yang memiliki intellectual capital yang tinggi, karena menunjukkan bahwa perusahaan mampu mengelola seluruh sumber daya yang dimilikinya secara efektif dan efisien dan memiliki kinerja yang baik. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017, karena perusahaan sektor manufaktur memiliki tingkat investasi tertinggi dari pada sektor industri lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan, mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan, dan pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Jenis pnelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif dari intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi intellectual capital maka semakin tinggi nilai perusahaan, begitu pula sebaliknya. Selanjutnya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari intellectual capital terhadap kinerja keuagan, serta tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa nilai perusahaan pada sektor manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia selama periode 2012- 2017 dipengaruhi oleh intellectual capital.

English Abstract

This research is conducted considering that intellectual capital is an important resource used to create value added for companies in the era of knowledge based business. Investor will provide a higher assessment of companies that have high intellectual capital, because it shows that the company is able to manage all of resource effectively and efficiently and company has good performance. This research is conducted on Manufacturing companies listed on Indonesian Stock Exchange periode 2012-2017 because manufacturing sector companies have the highest investment rates compared to other industrial sectors. The purpose of this study is to determine the effect of intellectual capital on firm’s value, to know the effect of intellectual capital on financial performance, and to know the effect of financial performnace on firm’s value. The type of this research is explanatory research with quantitative approach, using Partial Least Square (PLS) method with Smart PLS 3.0 application. The result of this studyshows that there is a positive significant influence between intellectual capital to firm’s value. It means that, the higher intellectual capital, the higher firm’s value, vice versa. Furthemore, the study shows that intellectual capital has no significant effect on financial performance and financial performance has no effect on firm’s value.This research indicates that the manufacturing sector companies value periodes 2012-2017 is influence by intellectual capital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1073/051900849
Uncontrolled Keywords: intellectual capital, kinerja keuangan, dan nilai perusahaan-intellectual capital, financial performance, and firm’s value.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 May 2019 02:19
Last Modified: 25 Oct 2021 03:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165633
[thumbnail of Syahla Dwinovita Putri.pdf]
Preview
Text
Syahla Dwinovita Putri.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item