Adlina, Dalilati (2017) Implementasi Network Strategy dalam Menghadapi Pasar Global (Studi Kasus pada PT Kharisma Rotan Mandiri, Sukoharjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Banyaknya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia menyebabkan persaingan semakin ketat, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Industri rotan Indonesia pada saat ini semakin berkembang dan telah berhasil memasuki pasar global. Network strategy atau strategi jaringan merupakan salah satu langkah awal bagi para pelaku UKM untuk dapat dengan mudah memasuki pasar global. PT Kharisma Rotan Mandiri di Sukoharjo, Jawa Tengah merupakan salah satu perusahaan di industri rotan yang berawal dari sebuah start up UKM. PT Kharisma Rotan Mandiri telah mengimplementasikan network strategy sejak awal mula perusahaan dibentuk hingga saat ini. Sejak awal perusahaan selalu konsisten melakukan ekspor karena semua relasi atau konsumen dari perusahaan berada di luar Indonesia terutama di Eropa. Kementrian Perdagangan (Kemendag) Indonesia telah menjadikan PT Kharisma Rotan Mandiri pada tahun 2015 lalu sebagai salah satu dari lima perusahaan dan UKM yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan devisa negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana upaya dari PT Kharisma Rotan Mandiri dalam mengimplementasikan network strategy dalam menghadapi pasar global. Penelitian ini juga menjelaskan hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh PT Kharisma Rotan Mandiri dalam mengimplementasikan network strategy sebagai upaya memasuki dan bertahan di pasar global. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dengan melakukan wawancara bersama Direktur Utama serta pendiri perusahaan, anak dari pendiri yang merupakan calon penerus dari PT Kharisma Rotan Mandiri, dan koordinator sales, serta data sekunder berupa dokumen-dokumen yang terkait dengan tema penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa network strategy telah berhasil diimplementasikan oleh perusahaan sejak awal perusahaan dibentuk dari sebuah UKM sederhana hingga saat ini menjadi sebuah perusahaan eksportir yang diperhitungkan di Indonesia berkat ambisi dari pendiri dan terciptanya good relationship dengan para relasi. Terdapat tiga faktor alasan yang menyebabkan perusahaan menggunakan network strategy sebagai langkah memasuki pasar global yaitu urgency, intensity, dan impact. Keberhasilan dari penerapan network strategy membawa perusahaan untuk menggunakan beberapa strategi yaitu servis, kualitas, desain dan differensiasi dalam mempertahankan networking yang telah terjalin dan terbentuk selama ini. Penerapan network strategy ini juga tidak lepas dari hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan baik dari internal maupun eksternal perusahaan.
English Abstract
The number of Small and Medium Enterprises (SMEs) in Indonesia led to competition more stringent, not only domestically but also abroad. Indonesia’s rattan industry is currently growing and successfully enter the global market. Network strategy is one of the first steps for SMEs to be able to easily enter the global market. Kharisma Rotan Mandiri in Sukoharjo, Central Java is one of the companies in the rattan industry that started from a start up SMEs. Kharisma Rotan Mandiri has implemented network strategy from the very beginning the company was formed until today. Since its inception the company has always been consistently doing export for all relations or customer of the company is located outside Indonesia, especially in Europe. Directorate General for National Export Development (DGNED) Indonesia has made Kharisma Rotan Mandiri in 2015 and as one of the five companies and SMEs were very influential in the growth of foreign exchange. The purpose of this study was to describe how the efforts of Kharisma Rotan Mandiri in implementing network strategy in the face of the global market. The study also describes the obstacles and challenges faced by Kharisma Rotan Mandiri in implementing network strategy as an attempt to enter and survive in the global market. The method used in this research is qualitative method with case study approach. Sources of data in this study are primary data by conducting an interview with President Director and founder of the company, a daughter of the founder who is a succession of Kharisma Rotan Mandiri, and coordinator sales of company, as well as secondary data in the form of documents related to his research theme. The results showed that the network strategy has been successfully implemented by the company since the beginning of the company formed from a simple SMEs up to now become an exporter company that counts in Indonesia thanks to the ambitions of the founders and the creation of good relationships with associates. There are three factors reasons which led the company to use the network as a step strategy to enter the global market, that is urgency, intensity, and impact. The success of the implementation of network strategy led the company to use some of the strategies that is service, quality, design, and differentiation in maintaining networking that has been established and formed during this time. Network application of this strategy is also not free of obstacles and challenges faced by the company both internally and externally.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/1355/051804437 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 2 Planning and policy making |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 02:40 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165626 |
Preview |
Text
Dalilati Adlina.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |