Analisis Pengelolaan Modal Kerja yang Efektif untuk Meningkatkan Rentabilitas Perusahaan (Studi Pada PT. Tiga Pilar Sejahtera Food, TBK listing di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2014- 2016)

Pradana, Aditya Fajar (2017) Analisis Pengelolaan Modal Kerja yang Efektif untuk Meningkatkan Rentabilitas Perusahaan (Studi Pada PT. Tiga Pilar Sejahtera Food, TBK listing di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2014- 2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era globalisasi yang melanda dunia saat ini memberi dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia. Perusahaan harus segera meningkatkan profesionalisme untuk dapat bersaing dengan pasar global. Manajer perusahaan tidak akan terlepas dari masalah permodalan perusahan yaitu pemenuhan modal kerja maupun investasi. Apabila perusahaan ingin berkembang dengan baik, pengelolaan yang efektif dan efisien serta produktif pun akan sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, apalagi disertai dengan adanya tindakan pengendalian yang efektif untuk mencegah timbulnya penyimpangan yang terjadi. Modal kerja haruslah memadai jumlahnya, tetapi harus dijaga agar modal kerja ini tidak sampai berlebihan. Rentabilitas sering pula dimaksudkan sebagai kemampuan suatu perusahaan dengan seluruh modal yang berkerja didalamnya untuk menghasilkan laba. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengelolaan modal kerja PT. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk dan untuk mengetahui pengelolaan modal kerja yang efektif untuk meningkatkan rentabilitas perusahaan PT. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan, rasio likuiditas dan rasio aktivitas dapat diketahui bahwa modal kerja pada perusahaan PT. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk tidak berjalan dengan efisien. Hal itu ditunjukkan dengan perputaran kas dan perputaran piutang yang masih di bawah standar yang telah ditetapkan. Melalui modal kerja perusahaan dapat dilihat tingkat rentabilitas suatu perusahaan. PT. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk memiliki rentabilitas tertinggi pada tahun 2016 sebesar 9,71 dan terendah di tahun 2015 sebesar 5,52. PT. Tiga Pilar Sejahtera Tbk lebih mengoptimalkan perputaran terhadap kas dan piutang sehingga tidak ada modal kerja yang menggendap dan tidak terpakai. Alangkah baiknya bila kas maupun piutang bisa terkelola dengan baik sehingga perputaran kas dan piutang menjadi lebih maksimal yang nantinya akan mengefisienkan modal kerja pada PT. Tiga Pilar Sejahtera Tbk.

English Abstract

The era of globalization that swept the world today has a significant impact on human life. Companies must immediately improve the professionalism to be able to compete with the global market. The company's managers will not be separated from the capital problem of the company that is the fulfillment of working capital and investment. If the company wants to develop properly, effective and efficient and productive management will greatly affect the company's performance, let alone accompanied by effective control measures to prevent the occurrence of irregularities that occur. Working capital should be adequate in number, but must be kept so that the working capital is not excessive. Profitability is also often referred to as the ability of a company with all capital working in it to generate profit. This research has a purpose to know the working capital management of PT. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk and to know the effective working capital management to increase profitability of PT. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. The research method used is descriptive research type with case study approach. Descriptive research is a study conducted to determine the value of independent variables, either one or more variables without making a comparison, or connect with other variables. Based on the results of analysis and discussion, liquidity ratio and activity ratio can be seen that working capital at the company PT. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk is not running efficiently. This is shown by cash turnover and receivable turnover that is still below the established standard. Through the company's working capital can be seen level of profitability of a company. PT. Three Pilar Prosperous Food Tbk has the highest profitability in 2016 amounted to 9.71 and the lowest in 2015 amounted to 5.52. PT. Three Pillar Sejahtera Tbk more optimize the turnover of cash and receivables so that no working capital that sinks and unused. It would be nice if the cash and accounts receivable can be managed properly so that the cash turnover and receivables become more leverage which will be efficient working capital at PT. Tiga Pilar Sejahtera Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1356/051804438
Uncontrolled Keywords: -Rentabilitas perusahaan
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Jul 2019 07:21
Last Modified: 25 Oct 2021 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165618
[thumbnail of Aditya Fajar Pradana.pdf]
Preview
Text
Aditya Fajar Pradana.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item